STRATEGI PEMBELAJARAN GURU FISIKA DALAM PENGEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI SEGI GENDER

Authors

  • I Kadek Agus Putrawan .
  • Prof. Dr. Ketut Suma, MS .
  • Drs. Erwan Sutarno,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v4i2.8200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran guru fisika dalam pengembangan motivasi belajar siswa jika ditinjau dari segi gender. Permasalahan yang ditemukan di SMA N 6 Denpasar selama observasi awal adalah semakin kurangnya fokus siswa laki-laki maupun perempuan dalam mengikuti pembelajaran sehingga motivasi belajar siswa tersebut rendah. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen manusia, rekaman, pedoman observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Guru cenderung menggunakan strategi pembelajaran kelompok, kooperatif dan inkuiri dengan perencanaan pembelajaran yang sudah sesuai dengan kurikulum, (2) Motivasi belajar siswa laki-laki muncul dalam setiap pembelajaran, dilihat dari tercapainya indikator dimensi motivasi belajar, (3) Motivasi belajar siswa perempuan mucul dalam setiap pembelajaran yang juga dilihat dari tercapainya indikator-indikator pada dimensi motivasi belajar, dan (4) Strategi pembelajaran guru fisika dengan mengajak siswa lebih berkontribusi dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan motivasi siswa laki-laki maupun perempuan.
Kata Kunci : Strategi pembelajaran, motivasi, gender.

This research aimed at describing the implementation of active learning strategies by physics teachers in developing students’ motivation in terms of gender. The problems that found in SMA N 6 Denpasar during the preliminary observation was the lack of male and female students’ focus in participating the learning process and it makes students’ motivation was low. This research was a descriptive qualitative research, which used human instrument, recording, observation and interview guide. The result of this research showed that (1) the teacher tends to use group work, cooperative, and inquiry learning strategies which appropiate with the curriculum, (2) Male students’ motivation appear in every learning process, it seen from learning motivation being achieved by the students. (3) Female students’s motivation appear in every learning process which also can be seen from all the indicator in learning motivational dimension. (4) physics teacher’s learning strategies which engage the students to contribute in the learning process gave the positif effect to the motivation development of female and male students.
keyword : Learning strategy, motivation, gender.

Published

2016-08-03

Issue

Section

Articles