IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Asiana Muliani
  • I Wayan Suastra
  • I Suswandi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v9i1.20649

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 3 Singaraja. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan sikap ilmiah siswa,(2) meningkatkan prestasi belajar siswa fisika, dan (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini 33 orang siswa kelas XI MIPA 2 yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Data prestasi belajar siswa, data sikap ilmiah, dan tanggapan siswa dikumpulkan masing2 menggunakkan tes, lembar observasi, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing meningkatkan sikap ilmiah siswa dilihat dari skor rata-rata siswa 2,47, SD 0,48 berada dalam kategori tinggi, sedangkan pada siklus II skor rata-rata siswa 2,52, SD 0,50 berada dalam kategori tinggi, (2) prestasi belajar siswa, dilihat dari nilai rata-rata siswa 71,03, SD 9,59 dan KK 51,51 %, berada dalam kategori baik, sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata siswa 76,36 dengan SD 7,64 dan KK 72,72 %, berada dalam kategori baik. (3) tanggapan siswa dilihat dari skor rata-rata 81,28 berada dalam kategori positif dan SD 6,91. Disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa. Kata kunci: model inkuiri terbimbing, prestasi belajar, sikap ilmiah

Downloads

Published

2019-02-27

Issue

Section

Articles