PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Authors

  • Ahmad Amin STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
  • Sulistiyono Sulistiyono STKIP PGRI LUBUKLINGGAU

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33436

Keywords:

Handout, CTL, aktivitas, hasil belajar

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa handout fisika berbasis contextual teaching and learning yang layak untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa; (2) mengetahui besar peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menggunakan handout fisika berbasis contextual teaching and learning dan (3) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah menggunakan handout fisika berbasis contextual teaching and learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (FourD Models), yaitu: tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi handout, lembar observasi aktivitas belajar dan soal tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Handout fisika berbasis CTL hasil pengembangan layak digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan kategori sangat baik;  2) Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan handout fisika berbasis CTL ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan 3) peningkatan hasil belajar fisika sebesar 0,92 dengan kategori tinggi. 

References

Akhlis, I., & Dewi, N.R. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran science berorientasi cultural deviance solution berbasis inkuiri menggunakan ICT untuk mengembangkan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3(1), 86-94. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2905

Algiranto, A., & Sulistiyono, S. Development of Physics Students Worksheets with Scientific Approaches to Improve Skills Critical Thinking and High School Student Learning Outcomes. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 107-113.

Andi Prastowo, (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Azwar Saifuddin. (2012). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Chiapetta, E.L.& Koballa. T. R.(2010). Science Instruction In The Middle AndSecondary School. Boston: Allyn & Bacon.

Collette, A.T. & Chiappetta, E.L. (1995).Science Instruction in the Middle and Secondary Schools (3rd edition.)New York: Merrill.

Daryanto, Daulay. (2013). Menyusun Modul (bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar). Yogyakarta: Gava Media.

Eveline Siregar & Nara, Hartini. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Fahrudin, M. F. N., Subekti, H., & Anggaryani, M. (2014). Implementasi model guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi kalor dan perpindahannya. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa 2(2), 378-383. ISSN: 2252-7710

Hake, RR. (1991). Analyzing Change/Gain Scores. USA: Indiana University.

Irfan, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati, D. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan kurikulum 2013. Pancaran 4(2), 189-200.

Mundilarto, 2010 Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta : P2IS UNY.

Sulistiyono, S. (2012). Pengembangan Lks Sains Dalam Seting Poe (Predict, Observe, Explain) Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa Smp. Jurnal Perspektif Pendidikan, 5(1), 50-71.

Sulistiyono, S., Mundilarto, M., & Kuswanto, H. Pengembangan Instrumen Penilaian Kerja Laboratorium Fisika untuk Mengukur Sikap dan Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 43-49.

Sulistiyono, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Ma Riyadhus Solihin. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2), 61-73.

Sukardjo, (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Sulistiyono, M., & Kuswanto, H. (2017). Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 89-98.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendeklatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Thiagarajan, S; Semmel,D.S &Semmel, M.I. (1994). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Wina Sanjaya, (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2021-05-19

Issue

Section

Articles