META ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN LKS TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN FISKA

Authors

  • Deby Marlina universitas negeri padang
  • Karen Kapur
  • Nabilah Azzahra
  • Desnita Desnita

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i2.36686

Keywords:

Meta analisis, kemampuan berpikir kritis, Lembar kerja siswa

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh LKS pada kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran fisika yang ditentukan melalui effect size yang diperoleh dari 20 artikel nasional yang terakreditasi. Analisis didasarkan pada materi pokok pembelajaran, pendekatan pembelajaran, dan model pembelajaran yang digunakan dalam LKS. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan materi pokok, pendekatan dan model pembelajaran menggunakan LKS memiliki pengaruh yang sedang hingga tinggi terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Pengaruh yang paling tinggi menurut hasil data effect size adalah  pada materi Alat-alat optik, Gelombang Suara, Usaha dan energi ,dan  Fisika SMA. Pada model yang digunakan dalam LKS yang miliki pengaruh paling tinggi menggunakan model Guide Inquiry Learning. Sedangkan berdasarkan pendekatan pembelajaran LKS, pengaruh yang paling tinggi menurut hasil data effect size adalah pendekatan menggunakan STEM  terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.

 

Author Biography

Deby Marlina, universitas negeri padang

mahasiswa pendidikan fisika universitas negeri padang

References

Ananda, N. R., Hufri, H., & Nurhayati, N. (2016). Pengaruh Penerapan LKS Bernuansa

Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA N 2 Padang. Pillar Of Physics Education, 7(1).

Ariiq, M. N., Supriadi, B., & Subiki, S. (2019). PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MEDIA PHYSICSPOLY (MONOPOLI FISIKA) PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA DI JEMBER. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 8(2), 59-65.

Becker, K. H., & Park, K. (2011). Integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students’ learning: A meta-analysis

Cohen, S. (1988). Perceived stress in a probability sample of the United States.

Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & Kurniawan, E. S. (2013).

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis Sma Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.

Diani, R. (2016). Pengaruh pendekatan saintifik berbantukan LKS terhadap hasil belajar fisika peserta didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 83-93.

Hakim, S., Wahyudi, W., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Attohiriyah Bodak. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 6(1), 1-7.

Islamiah, A. F., Rahayu, S., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Sman 1 Lingsar Tahun Ajaran 2016/2017. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 6(1), 29-36.

Kurnia, R., Imamora, M., & Maiyena, S. (2019). Penerapan LKS Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Batipuh. Proceeding IAIN Batusangkar, 3(2), 64-69.

Kurniawan, R. (2016). Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa kelas X MIPA SMA. Jurnal Riset Fisika Edukasi Sains, 2(2).

Kurniawan, T. J., & Siswanto, J. (2012). Pengaruh Penggunakan Lembar Kerja dengan Pendekatan Induktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(1).

Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS dengan pendekatan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal pendidikan fisika dan teknologi, 4(2), 202-207.

Lestari, N., Tandililing, E., & Syukran, M. (2014). Penggunaan Lks Terstuktur Berbasis Pbl Untuk Meremediasi Kesulitan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8).

Ljianto, L., Anita, A., & Boisandi, B. (2020). Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Metakognisi Siswa Pada Materi Hukum Ii Newton. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 13(2), 61-64.

Maida, M. C., Bayharti, B., & Andromeda, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 4 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(1), 75-81.

Maulidar, N., Yusrizal, Y., & Halim, A. (2016). Pengaruh Penerepan Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Kemagnetan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Education), 4(2), 69-75.

Nasir, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantukan Lks Inkuiri Terintegrasi Generik Sains (Itgs) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Ditinjau Dari Kemampuan Awal Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2(1), 16-25.

Nurhudayah, M., Lesmono, A. D., & Subiki, S. (2017). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dalam Pembelajaran Fisika Sma Di Jember (Studi Pada Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 82-88.

Prani, A. I. E. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Interactive Demonstration. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 1(1), 1-4.

Purwanto, Y. A., Sulur, S., & Suwasono, P. (2020). Pengaruh Guided Inquiry Learning dengan LKS Berbasis TEQ Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 4(1).

Puspita Dewi, A. (2019). Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM) Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).

Putri, N., Rusdiana, D., & Suwarma, I. R. (2019). The Comparison of Student Creative Thinking Skill Using CBL Implemented in STEM Education and Combined with PSL Worksheet in Indonesian School. Journal of Science Learning, 3(1), 7-11.

Rinaldo, A., Ertikanto, C., & Sesunan, F. (2017). Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Topik Pembiasan Cahaya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(3), 115960.

Sampurno, P. J., Maulidiyah, R., & Puspitaningrum, H. Z. (2015). Implementasi Kurikulum 2013: Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Lembar Kerja Siswa Pada Materi Optik Di Sma (Halaman 54 Sd 58). Jurnal Fisika Indonesia, 19(56).

Sandi, T. S., Darvina, Y., & Dewi, W. S. (2019). PENGARUH LKS BERORIENTASI CONCEPT ATTAINMENT PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN GETARAN HARMONIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 12(3).

Santoso, S. H., & Mosik, M. (2019). Kefektifan LKS berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 248-253.

Sari, W., Murtiani, M., & Gusnedi, G. (2015). PENGARUH LKS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA N 13 PADAN. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 5(1).

Sulistiyowati, S., Abdurrahman, A., & Jalmo, T. (2018). The effect of STEM-based worksheet on students’ science literacy. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 89-96.

Surwanti, R., Wulandari, A. T., Chania, K. M., Firmonia, N. A., My, R. N. R., & Festiyed, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Lembar Kerja Siswa Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Sma. Jurnal Pds Unp, 1(1), 227-233.

Taqwa, M. R. A., Faizah, R., & Rivaldo, L. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis POE dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Topik Fluida Statis. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(01), 6-13.

Taufiq, M., Muntamah, S., & Parmin, P. (2020, March). Remediation of misconception on straight line motion concept using guided inquiry model assisted by student worksheet based on science technology engineering and mathematics (STEM) on junior high school students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, No. 4, p. 042039). IOP Publishing.

Utami, A. F., Astutik, S., & Maryani, M. (2019). LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Termodinamika. FKIP e-PROCEEDING, 3(2), 71-76.

Wati, W., & Fatimah, R. (2016). Effect Size Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 213-222.

Downloads

Published

2022-04-27

Issue

Section

Articles