EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PhET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI VEKTOR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC

Authors

  • Diana Ayu Aprilia Universitas Jember
  • Miftahul Miftahul Universitas Jember
  • Lailatul Nuraini Universitas Jember
  • Agung Sedayu SMA Muhammadiyah 3 Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v12i2.40396

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat akan berdampak positif pada proses pembelajaran jika digunakan dengan desain yang tepat agar ketercapaian tujuan pembelajaran dapat terlaksana. Guru dituntut agar dapat beradaptasi dalam memanfaatkan teknologi pada proses pembelajaran. Virtual laboratorium PhET dapat dimanfaatkan guru sebagai adaptasi teknologi dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fisika yang membutuhkan kegiatan eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific berbantuan PhET Simulation. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Jember pada siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 0,44 dalam kategori sedang pada siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 di SMA Muhammadiyah 3 Jember.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Articles