PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN METODE THIAGARAJAN UNTUK PEMAHAMAN GERAK PARABOLA

Authors

  • heru parjono Pendidikan Matematika FKIP Untan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v12i1.42550

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, metode Thiagarajan, taksonomi Bloom.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan metode 4-D Thiagarajan, yaitu: (1) menemukan langkah-langkah untuk mengembangkan model pembelajaran, (2)  mengukur efektivitas model, dan (3) Mengukur respon siswa. Teknik pengumpulan data melalui pretest dan penyediaan postest sebagai hasil pembelajaran setelah penerapan model pembelajaran yang telah dikembangkan, lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, dan frekuensi Respon. Kelayakan instrumen uji dianalisis menggunakan validitas insrument dan hasilnya adalah 4,07. Disimpulkan bahwa instrumen uji itu valid. Data yang terkait dengan paparan lembar pengamatan yang dikumpulkan melalui pratest dan postest, dianalisis menggunakan rumus Cohens’ d. Hasilnya adalah 1,11 kategori tinggi. Sedangkan validitas cutoner dianalisis menggunakan validitas insrument dan hasilnya adalah 4,0 kategori tinggi. Hasil pengembangan model tersebut adalah silabus, RPP, LKPD, dan alat uji. Dari alat pembelajaran yang didapat ternyata siswa belajar kategori tinggi. Metode Thiagarajan cocok untuk digunakan mengingat pertumbuhan tingkat pengetahuan dari Bloom, awalnya dua menjadi empat.

Downloads

Published

2022-05-05

Issue

Section

Articles