PENGEMBANGAN MODUL STATISTIKA DENGAN ASESMEN BERBASIS CP UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Ni Ketut Rapi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v12i2.53083

Abstract

Penelitian dan Pengembangan ini difokuskan untuk mengembangkan modul statistika dengan asesmen formatif barbasis capain pembelajaran (CP). Modul dikembangkan menggunakan tahapan: studi pendahuluan, pembuatan prototipe modul, validasi, uji coba, dan pelaporan, yang diadopsi dari model pengembangan Borg and Gall. Modul dikatakan valid berdasarkan penilaian validator; dikatakan praktis berdasarkan hasil angket respon dosen dan mahasiswa; dan dikatakan efektif berdasarkan hasil ujicoba. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul memenuhi kevalidan dengan rata-rata 4,6 dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon dosen memenuhi kriteria kepraktisan dengan rata-rata 4,8 berkategori sangat valid. Hasil angket respon mahasiswa memenuhi kriteria kepraktisan dengan rata-rata 4,09 berkategori sangat valid. Sedangkan hasil kuesioner self-efficacy dan tes hasil belajar mahasiswa memenuhi kriteria keefektifan yang ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata hasil belajar 80.3 dan nilai rata-rata self-efficacy 73,3 masing-masing berkategori tinggi. Berdasarkan ketiga hasil tersebut menunjukkan bahwa modul statistika dengan asesmen formatif berbasis CP memenuhi ketiga kriteria tersebut, yaitu: valid, praktis, dan efektif.

Kata kunci: modul, self-efficacy, hasil belajar

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Articles