PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI

Authors

  • Dewa Ayu Sasti Sawitri
  • I W Sadia
  • I Suswandi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i2.20633

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara
siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dengan siswa yang belajar
menggunakan model pembelajaran langsung pada pembelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1
Tegallalang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen
semu (quasi experiment) dengan desain penelitian menggunakan one way pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa semester
ganjil jurusan IPA SMA Negeri 1 Tegallalang tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan data dilakukan
dengan menggunakan tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda diperluas. Analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisis varian (ANAVA) satu jalur dengan taraf signifikansi 5%
dan analisis gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar
antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas (free inquiry) dengan
siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada
pembelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1 Tegallalang. Berdasarkan pada analisis gain score,
penggunaan model pembelajaran inkuiri bebas menunjukkan peningkatan prestasi belajar lebih tinggi
dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung.


Kata kunci: Inkuiri bebas, pembelajaran langsung, prestasi belajar.

References

Wubbels, T., Figueiredo, M., Altrichter, H., Ursin, J., O’Hara, J., & Members of the executive

board. (2017, Oct. 10). Tersedia dalam https://www.openaccessgoverment.org.

Diakses pada 15 September 2018.

Stoltzfus, J. R., & Libarkin, J. (2017). Does the room matter? Active learning in traditional

and enhanced lecture space. CBE Life Science Education. doi: 10.1187/cbe.16-03-

Sadia, I W. (2014). Model-model pembelajaran konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yewang, M. (2017). The effect of guided inquiry vs free inquiry instruction method and

learning motivation on student learning outcomes. IOSR Journal of Research and

Method in Education (IOSR-JRME), 7(5), 36-43. Tersedia dalam

www.iosrjournals.org. Diakses pada 12 Desember 2017.

Andrini, V. S. (2016). The effectiveness of inquiry learning method to enhance students’

learning outcome: a theoretical and empirical review. Journal of Education and

Practice, 7(3), 38-42. Tersedia dalam https://files.eric.ed.gov. Diakses pada 12

Desember 2017.

Nur, M. & Harjono, J. (2005). Guru yang berhasil dan model pengajaran langsung. Jawa

Timur: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan

Menengah Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

OECD. (2015). PISA result in focus. Tersedia dalam www.oecd.org. Diakses pada 15

September 2018.

Rahmat, I. & Chanunan, S. (2018). Open inquiry in facilitating metacognitive skills on high

school biology learning: an inquiry on low and high academic ability. Inetrnational

Journal of Instruction. Tersedia dalam www.w-iji.net. Diakses pada 12 September

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Department of physics, Indiana

University. Tersedia dalam www.physics.indiana.edu. Diakses pada 15 September

Teig, N., Scherer, R., & Nilsen, T. (2018). More isn’t always better: The curviliniear

relationship between inquiry-based teaching and student achievement in science.

Learning and Instruction, 56, 20-29. Tersedia dalam

www.elsevier.com/locate/learnistruc. Diakses pada 8 Agustus 2018.

Marshall, J. C., Smart, J. B., & Alston, D. M. (2016). Inquiry-based instruction: a possible

solution to improving student learning of borth science concept and scientific

practices. International Journal of Science and Mathematic Education.

doi:10.1007/s10763-016-9718-x.

Batdi, V., Semerci, C., & Aslan, A. (2018). A meta-analytic and thematic study concerning

the effect of inquiry based instruction leaners’ achievement. Education Policy

Analysis and Strategic Research, 13(2), 51-68. doi: 10.29329/epasr.2018.143.3

Nurhadi, Lukman, Abas, R., Erni, Yuliana, & Hamrina. (2016). Implementation of inquiry

based learning to improve understanding the concept of electric dynamic and

creative thinking skills (an empirical study in class IX junior high school students state

kendari. International Journal of Science and Research (IJSR), 5(3), 471-479.

Tersedia dalam https://www.ijsr.net. Diakses pada 12 September 2018.

Smallhorn, M., Young, J., Hunter, N., & Burke da Silva, K. (2015). Inquiry-based to improve

student engagement in a large first year topic. Student Success, 6(2), 65-71.

Tersedia dalam https://studentsuccessjournal.org. Diakses pada 12 September 2018.

Suyastrini, N K. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri bebas (free inquiry) terhadap

keterampilan berpikir kritis siswa kelas X jurusan MIPA di SMA Negeri 1 Negara.

Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan

Alam, Universitas Pendidikan Ganesha.

Priwitasari, N. P. I. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap prestasi belajar

fisika siswa kelas X di SMA Negeri 2 Semarapura tahun ajaran 2014/2015. Skripsi.

Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Kang, J., & Keinonen, T. (2017). The effect of student-centered approach on students’

interest and achievement in science: relevant topic-based, open, and guided inquirybased, and discussion-based approaches. Research in Science Education, 1-21. doi:

1007/s11165-016-9590-2.

Downloads

Published

2018-10-11

Issue

Section

Articles