IMPLEMENTASI MODEL SELF REGULATED E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PELAJARAN FISIKA SISWA

Authors

  • N W. Rai Utari Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I P. Yasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rai Sujanem Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26722

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, aktivitas belajar siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap implementasi model self regulated e-learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian adalah 35 orang siswa kelas X MIPA 2 SMAN 1 Kuta Selatan. Objek penelitian, yakni model self regulated e-learning, keterampilan berpikir kritis, dan aktivitas belajar siswa. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui tes keterampilan berpikir kritis, data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar, dan data tanggapan siswa diperoleh dari angket tanggapan siswa. Hasil penelitian: (1) nilai keterampilan berpikir kritis siklus I 73,7 (KK 77,1%) dan siklus II 86,3 (KK 100%), (2) skor aktivitas belajar siklus I 20,5 dan siklus II 25,4 dan, (3) skor tanggapan siswa sebesar 78,1. Penelitian ini menunjukkan: (1) implementasi model self regulated e-learning meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa, serta (2) siswa menunjukkan tanggapan positif terhadap implementasi model self regulated e-learning. Kata Kunci: model self regulated learning, e-learning, keterampilan berpikir kritis, aktivitas belajar

References

Bayuningsih, A. S., Usodo, B., & Subanti, S. (2018). Critical thinking level in geometry based on self regulated learning. Journal of Physics, 983(1), 012143. Tersedia pada http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/938/1/012143. Diakses 05 Oktober 2019. Ennis, R. H. (2016). Critical thinking across the curriculum. Topoi, 37(1), 165-184. Tersedia pada https://philpapers.org/rec/ENNCTA-2. Diakses 16 Juni 2019. Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts.Insight Assesment, 13(1), 1-30. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/251303244. Diakses 25 Mei 2020. Gaupp, R., Fabry, G., & Körner, M. (2018). Self regulated learning and critical reflection in elearning on patient safety for third-year medical students. International Journal of Medical Education, 9(1), 189-194. Tersedia pada Alamat :: https://www.ijme.net/archive/9/self-regulated-learning-in-patient-safety/. Diakses 30 Maret 2020.

Griffin, P., McGaw, B., & Care, E. (2012). Assessment and teaching of 21st century skills. Tersediapada https://vijivarghesekoikaragemsoois.weebly.com/uploads/1/6/8/0/16804876/1-33_21st_century_skills_and_framework.pdf#page=3&zoom=auto,-107,729. Diakses 7 Mei 2020 Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis matematik serta kemandirian belajar siswa SMP terhadap materi SPLDV. Journal of Education, 1(2), 2654-5497. Tersedia pada http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/106. Diakses 05 Oktober 2019. Hidayati, D.W., & Kurniati, L. (2018). The influence of self regulated learning to mathematics critical thinking ability on 3D-shapes geometry learning using geogebra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 2502-1745. Tersedia https://www.researchgate.net. Diakses 10 Oktober 2019. Indah, N P., Suwatra, I., & Margunayasa, I G. (2017). Pengaruh pembelajaran self regulated learning (SRL) terhadap kemampuan berpikir kritis. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 10753. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10753. Diakses 05 Oktober 2019. Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. Jurnal Sundermann JCTES Science for Society, 1(1), 28-43. Tersedia https://www.researchgate.net/publication/337077769_Pendidikan_di_Era_Revolusi_Ind ustri_40. Diakses 7 Mei 2020. Oktaviana, I. A., Catur, A. N. S., & Utami, B. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dilengkapi modul pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI SMA Negeri 1 Gondong tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(1), 2337-9995. Tersedia https://media.neliti.com/media/publications/122621-ID-upaya-peningkatkankemampuan-berpikir-kr.pdf. Diakses 08 Desember 2019. Partnership for 21st Century Learning. (2019). Framework for 21st century learning definitions. Tersedia pada static.batteleforkids.org. Diakses 26 Mei 2020. Permendikbud. (2013). Implementasi kurikulum. Tersedia pada litbang.kemendikbud.go.id. Diakses 22 Oktober 2019. Philip, B. (2006). Self regulated approach to strategic learning (SRSL): A socio-cognitive perspective. Journal of Languange Teaching, Linguistics and Literature, The Southeast Asian Journal of English Languange Studies, 10(1), 8-12. Tersedia pada http://journalarticle.ukm.my/3117/. Diakses 31 Maret 2019. Rosdiana, G. C., Yuniarsih, T., & Waspada, I. (2018). The effect of implementation problem based learning method towards students’ critical thinking skills moderated by self regulated learning based on basic competency analyzing international trade. International Journal of Educational Research, 2(3), 2208-2204. Tersedia pada https://www.ephjournal.com. Diakses 05 Oktober 2019. Sadirman, A. M. (2001). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). E-learning: Implementasi, strategi dan inovasinya. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/337839638. Diakses 30 Maret 2020. Suyanti, R. D. (2010). Strategi pembelajaran kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu. Winiari, L. P. (2019). Pengaruh model self regulated learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tembuku. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha. Winiari, L. P., Santyasa, I W., & Suswandi, I. (2019). Pengaruh model self regulated learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tembuku. Jurnal Pengajaran MIPA, 9(1), 2599-3562. Tersedia pada https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/17685. Diakses 05 Oktober 2019. Yamin, M. (2007). Profesionalisasi guru & implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Pers. Yanwar, A., & Fadila, A. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis: Dampak pendekatan saintifik ditinjau dari kemandirian belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 9-22. Tersedia pada https://ejournal.radenintan.ac.id. Diakses 05 Oktober 2019. Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (1989). Self regulated learning and academic achievement: Theory, research and practice. New York: Springer-Verlag

Downloads

Published

2020-07-14

Issue

Section

Articles