PENGARUH VIDEO KETERBATASAN DARING DI PELOSOK DESA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMK TELKOM MEDAN ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Nova Irwan STIKES YBS Medan
  • Jamaludin Jamaludin , Politeknik Ganesha Medan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i2.39645

Keywords:

Covid-19, kuantitatif, uji beda test, video keterbatasan daring, pelosok desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembuatan video keterbatasan daring di pelosok desa era pandemi Covid-19, terhadap hasil belajar siswa khususnya untuk mata pelajaran Fisika di SMK Telkom Medan semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode uji beda test. Subjek yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 20 orang siswa sebagai eksperimen dan 20 orang sebagai kontrol.  Berdasarkan hasil uji beda t test pada data postest diperoleh  0,000 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan, dimana hasil belajar pada kelas eksperimen yang diberikan motivasi video keterbatasan daring lebih besar daripada kelas kontrol yang tidak diberikan. Hasil temuan penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif yang signifikan dari siswa yang menonton video keterbatasan daring beberapa siswa yang tinggal di pelosok desa terhadap kenaikan nilai hasil belajar untuk mata pelajaran Fisika.

References

Akmal, H. dan Susanto, H. (2018) “Efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis mobile smartphone sebagai media pengenalan sejarah lokal masa revolusi fisik di kalimantan selatan pada siswa sekolah menengah,” Jurnal Historia, 6, hal. 197–206.

Inovasi (2020) Riset dampak COVID-19: potret gap akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi. Tersedia pada: https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534.

Jamaludin, J. dan Romindo, R. (2019) “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada SMA Kemala Bhayangkari I Medan,” in Semantika. Medan: Politeknik Ganesha Medan, hal. 17–27. Tersedia pada: https://semantika.polgan.ac.id/index.php/Semantika/article/view/54.

Kemendikbud (2020) Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid-19. Tersedia pada: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-pada-tahun-ajaran-dan-tahun-akademik-baru-di-masa-covid19.

Panjaitan, I. D. dan S, A. H. (2018) “Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Fisika Pada Materi Pokok Teori Kinetik Gas Di Kelas Xi Semester Ii Sma Negeri 15 Medan T.P. 2016/2017,” INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(4), hal. 20–27. doi: 10.24114/inpafi.v6i4.12481.

Pratami, W., Ayu, N. dan Henry Januar Saputra (2017) “Pengaruh Media Game Edukasi ‘Teka Teki Pengetahuan’ Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 SDN 03 Protomulyo,” Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), hal. 149–153.

Suhayati, M. (2018) “Analisis Pemanfaatan One Drive Untuk Meningkatkan Kinerja Dengan Metode Uji Beda Pada Mentari Preschool Sumedang,” Infoman’s, 12(2), hal. 93–100. doi: 10.33481/infomans.v12i2.156.

Turyati, Muchtarom, M. dan Winarno (2016) “Pengaruh penggunaan media video edukasi terhadap hasil belajar PKN siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gondangrejo,” PKn Progresif, 11(1), hal. 256–267.

Yuliarti Swan (2020) Apa Itu Rendering: Pengertian, Teknik dan Software Terbaik. Tersedia pada: https://tedas.id/teknologi/apa-itu-rendering/.

Downloads

Published

2022-04-27

Issue

Section

Articles