PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 3 SINGARAJA JURNAL PENDIDIKAN FISIKA UNDIKSHA

Authors

  • yoni nur lutfiyah fresh graduate
  • Ida Bagus Putu Mardana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v12i2.50990

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan faktor penting dalam pelaksanaan pendidikan di Sekolah, karena dalam proses tersebut melibatkan dua komponen penting yaitu guru dan siswa. Guru dan siswa menjalin komunikasi untuk membentuk pengalaman baru melalui proses pembelajaran. Proses pembelajaran dapat menimbulkan miskonsepi dan memberikan pengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa belajar lebih bermakna adalah model belajar eksperential fisika berbatuan eksperimen virtual. Dengan model ini, proses internalsiasi konsep fisika dapat dilakukan siswa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keunggulan komparatif model belajar eksperential berbantuan eksperimen virtual dengan model pembelajaran langsungl dalam mereduksi hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Singaraja. Populasi penelitian adalah siswa kelas 11 MIPA. Sampel penelitian adalah siswa kelas 11 MIPA 1 dan 11 MIPA 2. Penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent pre-test post-test control group. Data penelitian adalah hasil belajar awal yang dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kovarians (anacova). Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar Fisika yang dibelajarkan dengan model belajar eksperential berbantuan eksperimen virtual lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (F* = 4,417, p<0,05 dan LSD = 6,30, p<0,05). Model experiential learning lebih unggul dibandingkan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: model experiential learning, model pembelajaran langsung, pembelajaran fisika, pengetahuan awal, hasil belajar

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Articles