PENGARUH PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 NUSA PENIDA TAPEL 2012/2013

Main Article Content

I Kadek Arta
Ida Bagus Made Astawa
sutarjo sutarjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi model CTL dan pengaruh penerapan model CTL berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar geografi siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Nusa Penida. Variabel penelitian ini adalah model CTL berbantuan media pembelajaran sebagai variabel bebas, dan variabel terikatnya hasil belajar geografi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data implementasi model CTL berbantuan media pembelajaran dan data hasil belajar geografi. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive random sampling menghasilkan dua kelas sampel yakni satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Rancangan penelitian menggunakan desain Post-test Only Non Equivalen Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi model CTL berbantuan media dalam pembelajaran geografi dari pertemuan pertama sampai keempat mengalami peningkatan dengan perolehan nilai dari 79,3 termasuk kategori baik, 85,5, 95,9 dan 98,6 kategori sangat baik, 2) hasil uji ANAVA satu jalur menunjukkan signifikansi nilai yang diperoleh lebih kecil pada taraf signifikansi 0,05 (0,03<0,05), berarti harga FHitung lebih besar daripada FTabel (4,752>0,1954). Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model CTL (contextual teaching and learning) berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Nusa Penida.

Article Details

Section
Articles