KAJIAN PELESTARIAN TRADISI MEGIBUNG DI DESA SERAYA TENGAH, KECAMATAN KARANGASEM, KABUPATEN KARANGASEM (PERSPEKTIF GEOGRAFI BUDAYA)

Putu Widiasih, I Gede Astra Wesnawa, I Gede Budiarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) landasan filosofis tradisi megibung di Desa Seraya Tengah Kecamatan Karangasem, (2) menganalisis nilai-nilai sosial budaya yang mendasari tradisi megibung di Desa Seraya Tengah Kecamatan Karangasem, dan (3) menganalisis pelestarian tradisi megibung di Desa Seraya Tengah Kecamatan Karangasen. Lokasi penelitian ini yaitu di Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan objek penelitian pelestarian tradisi megibung di Desa Seraya Tengah Kecamatan Karangasem, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah Bendesa Adat Pakraman Seraya, Kepala Desa yang ada di wilayah Desa Pakraman Seraya, Perangkat Desa Dinas, Perangkat Desa Adat, Tokoh Masyarakat. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, metode pencatatan dokumen, dan data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tradisi magibung menjadi tradisi bagi masyarakat Karangasem, Khususunya masyarakat Desa Seraya Tengah yang masih tetap dipertahankan hingga saat ini yang lebih penting lagi bahwa megibung mengandung pendidikan moral bernilai tinggi seperti pendidikan etika, tata tertib, sopan santun, kesabaran, memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan, saling menghargai. (2) di dalam tradisi megibung terdapat tiga nilai-nilai positif yang sangat menonjol, yaitu nilai kekeluargaan, nilai kebersamaan, nilai religius. (3) Sampai saat ini tradisi megibung masih tetap berlangsung dan tetap dipertahankan dari generasi ke generasi, hal tersebut terbukti sampai saat ini tradisi megibung masih tetap dilaksanakan oleh masyarakat Desa Seraya Tengah. Setiap dalam upacara keagamaan seperti upacara dewa yadnya, pitra yadnya, maupun manusia yadnya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpg.v5i3.20666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref  



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.