ANALISIS SPATIAL THINKING SKILLS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Main Article Content

Qo'idul Umam
Ida Bagus Made Astawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan tingkat spatial thinking
skills mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi (2) menganalisis variasi
spatial thinking skills mahasiswa antar semester di Jurusan Pendidikan
Geografi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari
semester II sampai VIII yang berjumlah 79 orang. Rancangan yang
digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan
data kuesioner yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) spatial thinking skills
mahasiswa memiliki rata-rata skor 60,89 masuk pada kategori tinggi,
sedangkan jika dilihat dari presentasenya dari 51 orang terkategori
tinggi (65%) dan 28 orang terkategori sangat tinggi (35%). Hal ini
mengindikasikan bahwa desain kurikulum dan pembelajaran di Jurusan
Pendidikan Geografi sudah sesuai rencana (2) variasi spatial thinking
skills mahasiswa terdapat perbedaan dimana rata-rata yang didapatkan
semester II 59,25 (tinggi), semester IV 61,11 (tinggi), semester VI
60,94 (tinggi), dan semester VIII 63,5 (sangat tinggi).

Article Details

Section
Articles