Strategi Pengembangan Desa Wisata Air Sanih di Desa Bukti

Main Article Content

Arga Bahana Agung Irawan
I Putu Ananda Citra
I Made Sarmita

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Objek Wisata Air Sanih dengan tujuan untuk mendeskripsikan persepsi wisatawan terhadap Objek Wisata Air Sanih dan menganalisis penerapan strategi yang tepat dalam mengembangkan Objek Wisata Air Sanih. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Air Sanih, domestik dan mancanegara. Pengambilan sampel ditentukan secara kuota sejumlah 100 responden. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi wisatawan terhadap Objek Wisata Air Sanih terkait dengan 4 komponen pariwisata (attractions, accessibilities, amenities dan ancillary) mendapatkan skor rata-rata 311 dengan kategori cukup baik. Hal ini karena banyak wisatawan tertarik dengan kebersihan kolam pemandian dan airnya yang berasal dari sumber mata air, memiliki taman, dan view pantai. Rencana strategis untuk pengembangan Objek Wisata Air Sanih adalah mengembangkan atraksi dengan cara menambah wahana bermain, memberikan sentuhan kearifan lokal dan menata ulang tempat parkir agar lebih layak untuk digunakan.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraeni, D. dan B. (2013). Persepsi Wisatawan Terhadap Variasi Objek Wisata di Pantai Glagah Kulonprogo.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Buleleng. (2017). Kabupaten Buleleng dalam Angka Tahun 2017.

Citra, I. P. A. (2016). Pemetaan Potensi Ekowisata Wilayah Pesisir Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(1).

Frasawi, Edison Stevanus., I. P. A. C. (2018). Partisipasi Masyarakat dalam PengembanganDesa Wisata Ambengan Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(3), 175–185.

Putri, Ni Luh Putu Trisna Ika., I. P. A. C. (2018). Strategi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(1), 13–22.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Intergrated Marketing Communication. Buku. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rusvitasari, Evi dan Solikhin, A. (2014). Strategi Pengembangan Wisata Alam dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Obyek Wisata Umbul Sidomukti Bandungan Semarang. Jurnal Pariwisata Indonesia, 10(1).

Utama, R. B. I. G dan Mahadewi, E. N. M. (2012). Metode Pariwisata dan Perhotelan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Wardani, Ni Wayan Novi Sukma., I. G. A. W. (2018). Potensi Ekowisata Kampoeng Kepiting di Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(1), 01–12.