Pengetahuan Mengenai Upaya Pengurangan Risiko Bencana Banjir di SMK Muhammadiyah Cawas

Main Article Content

Aditya Nur Rahma
Mayang Arum Kesumaningtyas
Ratih Puspita Dewi

Abstract

Pengetahuan tentang bencana merupakan alasan utama seseorang untuk melakukan kegiatan perlindungan atau upaya kesiapsiagaan. Oleh sebab itu perlu adanya upaya untuk mengurangi risiko bencana tersebut. Pengurangan risiko bencana merupakan langkah untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh bencana melalui berbagai cara yang maksimal dalam menghadapi bencana. Salah satu bencana yang yaitu banjir, banjir merupakan bahaya akibat air mengenai lahan yang rendah di sekitar sungai dikarenakan alur sungai sudah tidak bias menampung dan mengalirkan air sehingga air meluap mengenai daerah sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan mengenai pengurangan risiko bencana banjir di SMK Muhammadiyah Cawas. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan random sampling dengan 183 responden. Analisis pengetahuan menggunakan Uji T dengan prasyarat uji normalitas dan homogenitas yang kemudian dianalisis dengan mann whitney dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima variabel memiliki nilai yang berbeda-beda. 

Article Details

Section
Articles

References

Adi, S. (2013). Karakteristik Bencana Banjir Bandang Di Indonesia. Jurnal Sains Dan Teknologi, 15(1), 42–52.

Dedu, Z. (2016). Upaya Pengurangan Risiko Dan Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Ancaman Bencana Tanah Longsor. Jurnal Lingkungan Dan Bencana Geogoli, 8(2), 100–110.

Findayani, A. (2015). Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Banjir di Kota Semarang. Jurnal Geografi, 12(1), 103–114.

Hapsoro, A., & Buchori, I. (2015). Kajian Kerentanan Sosial Dan Ekonomi Terhadap Bencana Banjir (Studi Kasus: Wilayah Pesisir Kota Pekalongan). Tekhnik Perencanaan Wilayah Dan Kota, 4(4), 542–553.

Ligal, S. (2008). Pendekatan Pencegahan Dan Penanggulangan Banjir. Jurnal Teknik Sipil, 8(2), 162–169.

Maarif, S. (2012). Kontestasi Pengetahuan dan Pemaknaan Tentang Ancaman Bencana Alam (Studi Kasus Ancaman Bencana Gunungapi Merapi). Jurnal Penanggulangan Bencana, 3(1), 1–13.

Nurhaimi, R., & Rahayu, S. (2014). Kajian Pemahaman Masyarakat Terhadap Banjir Di Kelurahan Ulujawi, Jakarta. Jurnal Teknik PWK, 3(2), 244–253.

Purnomo, A. (2018). Pembangunan Pengetahuan Masyarakat Di Sekitar Gunung Api Tentang Risiko Bencana Erupsi. Media Komunikasi Geografi, 19(1), 1–10.

Purwoko, A. (2015). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Tentang Resiko Bencana Banjir Terhadap Kesiapsiagaan Remaja Usia 15-18 Tahun Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahaan Pedurungan Kidul Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Wesnawa, I. G. A., & Christiawan, P. I. (2014). Geografi Bencana. Jakarta: Graha Ilmu.