Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa SMP Negeri 1 Kubu

Main Article Content

I Gede Suparta
I Gede Astra Wesnawa
I Putu Sriartha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diaplikasikan dalam pembelajaran IPS, peningkatan aktivitas belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VII H di SMP N 1 Kubu. Penelitian ini didesain dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap (perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi). Sasaran perbaikan terdiri dari 30 orang siswa yang dilakukan oleh guru kelas VII H SMP N 1 Kubu, data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis yakni data pembelajaran oleh guru, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat diaplikasikan oleh guru IPS dengan rata-rata nilai meningkat dari 72 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 92 dengan kategori amat baik pada siklus II. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa dengan nilai rata-rata meningkat dari 79,08 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 87,38 dengan kategori aktif pada siklus II. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Kubu dengan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 60,00 menjadi 81,17. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS di kelas VII H dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa serta dapat merubah suasana belajar lebih efektif, menyebabkan siswa menjadi lebih aktif mencari dan menggali berbagai informasi mengenai materi yang dijelaskan.

Article Details

Section
Articles

References

Apriliawati. (2011). Penerapan Strategi Motivasi ARCH Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Surabaya: UNESA.

Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Artini, N. S. dan I. B. M. A. (2019). Studi Tentang Komponen Pembelajaran Geografi Sma/Ma Antara Wilayah Perkotaan Dan Perdesaan Di Kabupaten Buleleng Serta Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi Undiksha, 7(1), 35–43.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Juliastuti. (2016). Penggunaan Metode Teknik Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas IX.F SMP 33 Surabaya Materi Benua Dan Samudra Di Bumi. Jurnal Pendidikan, 1(2), 137.

Moedjiono dan Moh Dimyati. (1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Auladuna. Jurnal Auladuna, 2(2), 238.

Munzadi, M. (2018). Pengaruh Blended Learning Berbasis Rotation Model Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Ma Matholiul Anwar Lamongan. Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi Undiksha, 6(3), 125–132.

Riah, Q. F. (2015). Penerapan Strategi Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dengan Materi Bentuk Muka Bumi Dan Aktivitas Penduduk Di Indonesia Untuk Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rusman, K. (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung. Bandung: Mulia Mandiri Press.

Rusman, K. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Saifi. (2011). Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IX.A Di SMPN 12 Kotabumi Lampung Utara Tp. 2010/2011. Universitas Lampung.

Sharah, A. dan I. B. M. A. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Sma Negeri Di Kota Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi Undiksha, 6(2), 64–74.

Simanjuntak, R. I. M. dan I. B. M. A. (2019). Studi Komparatif Variasi Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 2 Sawan. Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi Undiksha, 7(2), 115–124.

Suhardjono. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. (2007). Model–Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trisianawati, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor Di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 53.

Wahyudin, K. (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Jakarta.