Dampak Potensi Pariwisata Terhadap Kualitas Air Danau Beratan

Main Article Content

Riyadh Riyadh
I Gede Astra Wesnawa
I Putu Ananda Citra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pariwisata dan dampak pariwisata di Danau Beratan, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dari perspektif geografi pariwisata yang dianalisis dengan pendekatan kelingkungan. Sampel yang diambil meliputi empat saluran limbah pembuangan dan air Danau Beratan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode uji laboratorium, metode teknik skoring dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menujukan bahwa potensi pariwisata yang diukur melalui variabel objek wisata internal dan ekternal  di Danau Beratan memiliki potensi sedang dimana karakteristik objek wisata Danau Beratan yang menjadi faktor pendorong dan penghambat adalah seimbang atau sama. Sedangkan, hasil penelitian dari uji laboratorium secara keseluruhan masing-masing sampel air menyatakan bahwa kualitas air masih normal. Ini berarti bahwa pencemaran kualitas air yang berasal dari bahan-bahan kimia yang terdapat di sekitar kawasan objek Danau Beratan masih berada pada batas normal dan belum menunjukan bahwa air mengalami tingkat pencemaran yang tinggi. Sedangkan dari hasil pemeriksaan bakteriologis menunjukan hasil yang berbanding terbalik dengan hasil pemeriksaan kimia maupun fisikanya. Dari hasil pemeriksaan bakteriologis menujukan bahwa air mengalami kontaminasi bakteriologis yang disebabkan oleh adanya bakteri coliform dan tinja. Konsentrasi pencemaran oleh bakteri coliform ini berpusat pada air Danau yang berada dekat pada aktivitas manusia yaitu titik barat dari danau tersebut yang merupakan sumber aktifitas manusia yang sangat memungkinkan memberikan kontribusi secara langsung kepada kualitas air dalam bentuk limbah yang terbuang langsung ke air Danau Beratan sehingga air danau mengalami pencemaran.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Riyadh Riyadh, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa Program Studi Geografi Jurusan Geografi Universitas Pendidikan Ganesha

References

Abdurrahman, U. (2006). Kinerja Sistem Lumpur Aktif pada Pengolahan Limbah Cair Laundry. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Anggreswari, N. P. Y. dan A. . R. J. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Objek Wisata Hidden Canyon Beji Guwang. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 30–40.

Engelen, G. B. (1997). Limnological Study of Logo Di Braies (Pragser Wildsee) Dolomite. Fluktuasi Rerata Tahunan Sebesar 1,2 meter. Kuantitas Air Danau Rerata Tahunan Surplus 0,34 m3/detik. Universitas Gadjah Mada.

Faisal, M. dan D. M. A. (2019). Kualitas Air Pada Sumber Mata Air Di Pura Taman Desa Sanggalangit Sebagai Sumber Air Minum Berbasis Metode Storet. Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi Undiksha, 7(2), 74–84.

Frasawi, Edison Stevanus., I. P. A. C. (2018). Partisipasi Masyarakat dalam PengembanganDesa Wisata Ambengan Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(3), 175–185.

Hehanussa, P. E. dan G. . H. (2009). Klasifikasi Danau di Indonesia untuk Mitigasi Dampak Perubahan Iklim. Prosiding Konferensi Nasional Danau Indonesia I Jilid 2: Pengelolaan Danau Dan Antisipasi Perubahan Iklim, 298–310. Jakarta: Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Malia, E. L. (2017). Studi Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Khusus Oli Bekas Pada Bengkel Motor di Kota Makassar. Universitas Hassanuddin.

Manumudhita, I. N. (2002). Penelitian Perubahan Tata Guna Tanah Di Wilayah Sekitar Danau Beratan Kabupaten Dati II Tabanan. Provinsi Bali.

Rahadiani, D. I. G. . S. D. I. N. N. (2019). Partisipasi Masyarakat Sekitar Danau Beratan Dalam Konservasi Sumber Daya Air. Spektran, 2(2).

Somantri, L. (2015). Peran lmu Geografi dalam Peningkatan Kecerdasan Ruang Wilayah Indonesia. Prosiding Seminar Nasional.