Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawan

Main Article Content

Faizatun Nisa'
Ida Bagus Made Astawa
Putu Indra Christiawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran Inquiry dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawan. Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desain. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode pencatatan dokumen, observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Inquiry berkualifikasi baik dengan skor 75.9% menggunakan penilaian APKCG Undiksha. Aktivitas belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry, dengan hasil uji hipotesis melalui angket aktivitas belajar diperoleh nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai ttabel yaitu 1.9174>1.6698. Selain itu, hasil belajar siswa  mengalami peningkatan, dengan hasil uji hipotesis posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai ttabel, yaitu 3.7546>1.6698. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry.

Article Details

Section
Articles

References

Astawa, Ida Bagus Made dan Adnyana. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Grafindo Persada.

Fathurohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung. Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Julisafitri, Revi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Jamur Di Kelas X MIA SMA Negeri 7 Kota Jambi. Terdapat pada http://repository.unja.ac.id/2370/1/RRA1C412033%20ARTIKEL.pdf diakses pada 11 Januari 2020.

Martias. Wagino. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sistem Pengapian Kelas Xi Tkr Smkn 2 Muara Bungo. Terdapat Pada http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Students/Index.Php/Poto/Article/View/3432 Diakses Pada 10 Februari 2020.

Meja, Mince Tonda. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Terdapat pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/download/7493/7131. diakses pada 8 Feberuari 2020.

Nurmayani, Lia., Doyan, Aris., Verawati, Ni nyoman S.P . 2018. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Terdapat pada http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/113/pdf diakses pada 11 Januari 2020.

Prasetyo, D.a., Widjanarko, Dwi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Memelihara Komponen Sistem Bahan Bakar Bensin. Terdapat pada https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/download/9171/5988 diakses pada 10 Februari 2020.

Pratiwi, L., Sarwi., Handayani, L. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Eksperimen Inkuiri Terbimbing Berbantuan My Own Dictionary Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Unjuk Kerja Siswa SMP RSBI. Terdapat pada http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej diakses pada 09 feberuari 2020.

Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers.

Salam, Burhanuddin. 2002. Pengantar Pedagogik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Sumarni, S., Bimo,B., dan Suparman, A.R. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari.Volume 5. No 1. Hal 22. Terdapat pada http://ojs.unm.ac.id/nalar/article/download/3285/1899 diakses pada 5 Oktober 2019.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP). Jakarta: Sinar Grafika.

Ulansari, P.T., Ansori, I., Yennita. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Terdapat pada https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/artikel/view/5139 diakses pada 10 februari 2020

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Terdapat pada https://edunamika.com/uu-sistem-pendidikan-nasional-sisdiknas/ diakses pada 05 Maret 2019.