Kualitas Penerapan Asesmen Autentik Berbasis HOTS Guru Geografi SMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman Guru Geografi SMA terakreditasi A di Kota Singaraja tentang asesmen autentik berbasis HOTS, menganalisis kandungan HOTS pada asesmen autentik yang dikembangkan guru Geografi SMA terakreditasi A di Kota Singaraja, dan mengkaji kendala yang dihadapi Guru Geografi SMA terakreditasi A di Kota Singaraja dalam mengembangkan asesmen autentik berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan studi populasi yang dilaksanakan di SMA terakreditasi A di Kota Singaraja. Objek penelitian: pemahaman guru terhadap asesmen autentik berbasis HOTS, kandungan HOTS dalam asesmen autentik yang dikembangkan, dan Kendala yang dihadapi dalam mengembangkan asesmen berbasis HOTS. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman guru terkategori cukup. Soal-soal yang dibuat oleh guru belum sepenuhnya mengandung HOTS dan masih terkategori cukup. Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan asesmen autentik berbasis HOTS bervariasi antar sekolah, kendala utama yang dihadapi adalah waktu dan siswa.
Article Details
References
Abdullah, A. H., Mokhtar, M., Halim, N. D. A., Ali, D. F., Tahir, L. M., & Kohar, U. H. A. (2017). Mathematic Teachers level of Knowledge and Practice on the Implementation of Higher-Order Thinking Skills(HOTS). EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(1), 3–17.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (Ed.)). CV Jejak. https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=pengertian+penelitian+deskriptif+kualitatif&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjbjsa5r9vqAhX863MBHdtrBQ8Q6AEICDAA#v=onepage&q=pengertian penelitian deskriptif kualitatif&f=false
Astawa, I. B. M. (2015). Reformasi Pendidikan Di Era Otonomi Daerah Memasuki Era Global. Media Komunikasi Geografi, 16(2), 1–17.
Ayuni, F. N. (2015). Pemahaman Guru Terhadap Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi, 15(2), 1–7.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill(HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena, II(1), 57–76.
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Hidayati, A. U. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL, 4(2), 143–156.
Iskandar, D., & Senam. (2015). Studi Kemampuan Guru Kimia SMA Lulusan UNY Dalam Mengembangkan Soal UAS berbasis HOTS. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 65–72.
Koswara, D. (2014). Siswa Harus Berpikir “Hots.” Kompasiana.
Marhaeni, A. A. I. N., & Kusuma, I. P. I. (2017). Analisis Implementasi Asesmen Autentik pada Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA di Bali. Seminar Nasional Riset Inovatif 2017, 555–561.
Nurhayani. (2017). Kesulitan Guru Dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas XII Di SMA Negeri 2 Gowa. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Aatas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. (2018).
Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (Hots) Pada Kelas X Di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6, 104–112.
Putri, B. A., & Sofyan, F. A. (2019). Analisis Kesulitan Proses Pembelajaran Berbasis Hots di Kelas VSDN 4 Muara Padang. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 2(2), 59–73.
Rapih, S., & Sutaryadi. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum, 8(1), 78–87.
Shidiq, A. S., Masykuri, M., & Susanti, E. (2015). Analisis Higher Order Thinking Skills(HOTS) Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Siswa Kelas XI SMAN 1 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 159–166.
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Workshop Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Bagi Guru-guru MGMP IPS Kabupaten Malang Pelatihan Penyusunan. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(2), 73–79.
Zebua, D. R. Y., & Harmalis. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Pada Tujuan Dan Asesmen Mata Pelajaran Kimia. Journal On Education, 01(04), 774–782.