Tipe Pengangguran Terdidik: Antara Setengah Menganggur dan Terselubung pada Alumni Prodi Pendidikan Geografi Undiksha Tahun 2017-2019

Main Article Content

Ni Made Sri Sudarmi
I Made Sarmita
A Sediyo Adi Nugraha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tipe pengangguran pada alumni Program Studi Pendidikan Geografi Undiksha tahun 2017-2019. Subjek penelitian menggunakan studi populasi yaitu alumni Program Studi Pendidikan Geografi Undiksha yang diwisuda tahun 2017-2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuisioner yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe pengangguran yang dialami alumni Program Studi Pendidikan Geografi Undiksha tahun 2017-2019 meliputi tipe pengangguran terbuka sebesar 6%, tipe setengah menganggur sebesar 14,3%, tipe pengangguran terselubung sebesar 51% dan tipe pengangguran musiman sebesar 6%. Tipe pengangguran yang paling mendominasi adalah tipe setengah menganggur dan tipe pengangguran terselubung. Tipe setengah menganggur yang terjadi pada alumni disebabkan oleh faktor tempat kerja yang terbatas sebanyak 12,9% dan jam kerja yang pendek sebanyak 9,7%, sedangkan penyebab timbulnya tipe pengagguran terselubung disebabkan oleh faktor minimnya lowongan kerja sebesar 38,7% dan faktor saingan sebesar 19,3%.

 

Article Details

Section
Articles

References

Aceh Tribunnews. (2019). Formasi CPNS 2019, 37.425 untuk Pusat dan 114.814 untuk Daerah Pendaftaran Mulai 11 November. Tribunnews. https://aceh.tribunnews.com/2019/20/30/formasi-cpns-2019-37425-untuk pusat-dan-114814-untuk-daerah-pendaftaran-mulai-11-november

Adi, A. (2016). Analisis penyebab tingginya pengangguran sarjana di kecamatan simeulue barat kabupaten simeulue.

Badan Pusat Statistik. (2020). Istilah. BPS. https://www.bps.go.id/istilah.html

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. (2017). Statistik Ketenagakerjaan Provinsi Bali 2017.

CNN Indonesia. (2018). Daftar Kementerian Paling Banyak Diminati Pelamar CPNS 2018. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181016173841-20-338963/daftar-kementerian-paling-banyak-diminati-pelamar-cpns-2018

Fahri, Jalil, A., & Kasnelly, S. (2020). Meningkatnya Angka Pengangguran Ditengah Pandemi ( COVID-19 ). 2(Desember 2019), 45–60.

Islamia, N. A. (2017). Analisis Pengangguran Terdidik Llulusan Universitas di Pulau Jawa Tahun 2008-2016.

Maryati, S. (2015). Dinamika Pengangguran Terdidik: Tantangan Menuju Bonus Demografi Di Indonesia. Economica, 3(2), 124–136. https://doi.org/10.22202/economica.2015.v3.i2.249

Midayanti, N. (2019). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2019. Badan Pusat Statistik, 41, 1–16.

Nurullaili, S. (2019). Fenomena Pengangguran Terdidik di Tengah Persaingan Dunia Kerja (Studi Kasus di Desa Pringgadani Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo). April.

Pribudi, K. (2017). Pengaruh Jarak Domisili dan Motivasi terhadap Kinerja Personil KODIM 0609/KAB. BANDUNG. 4. jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/SPD/article/download/42/19

Santia, T. (2019). Jumlah Pelamar CPNS 2019 Tembus 5,05 Juta Orang. Liputan6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4129332/jumlah-pelamar-cpns-2019-tembus-505-juta-orang

Satriyo Wibowo, S. , S. (2016). Pemetaan Dan Relevansi Lulusan Jurusan Pendidikan Ips Fis Uny Tahun 2015. Jipsindo, 3(2). https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11696

Syamsidar. (2017). Studi Keterserapan Alumni Dalam Dunia Kerja Pada Jurusan Pendidikan Fisika FakultasTarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar Angkatan 2008 dan 2009 (Vol. 3, Issue 1).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (2005). March, 25–27.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan (Issue 182). (2003).

Yunus, Y. (2017). Penerimaan CPNS 2017: Total 2,43 Juta Pelamar Perebutkan 37.138 Formasi. Kabar24. https://kabar24.bisnis.com/read/20170927/15/693397/penerimaan-cpns-2017-total-243-juta-pelamar-perebutkan-38.138-formasi