Eksistensi Pedagang Kaki Lima Di Jalan Arteri Primer Kota Singaraja

Main Article Content

Amirul Ikram
I Made Sarmita
I Putu Ananda Citra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi eksisnya Pedagang Kaki Lima (PKL) di jalan Arteri Primer Kota Singaraja, Bali, dengan fokus penelitian pada karakteristik, motivasi dan strategi PKL. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis kualitatif dengan responden sebanyak 43 orang yang ditentukan sesuai kriteria penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik PKL di Jalan Arteri Primer, Kota Singaraja didominasi oleh orang yang tingkat pendidikannya pada jenjang SMP sebesar 41,86%. Lama berjualan selama 4 jam perhari, dengan penghasilan rata-rata kurang dari 500 ribu perhari. Motivasi utama dalam penentuan lokasi PKL adalah mencari tempat strategis (48,84%), terutama oleh PKL yang berjulan jenis olahan nasi (85,71%) dan jagung bakar (14,29%). Strategi utama yang dominan digunakan oleh PKL adalah public relation atau membangun hubungan dengan konsumen (62,79%), terutama PKL yang berjualan olahan nasi (62,96%), olahan tepung (11,11%), dan kue atau jajanan (25,93%). Hasil penelitian ini bertujuan untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan terhadap penelitian sejenis, serta sebagai pengembangan ilmu pada kajian Geografi Ekonomi khususnya pada bidang ketenagakerjaan, sektor informal. Jadi PKL di Kota Singaraja didominasi oleh orang yang melakukan usaha peribadi, berpendidikan terakhir SMP, berumur 40 – 50 tahun, berjualan selama 3 sampai 4 jam perhari, dengan pendapatan kurang dari 500 perhari. Mencari tempat strategis dalam menentukan lokasi dengan public relation menjadi strategi yang digunakan, demi tetap eksisnya usaha yang mereka jalani.

.

Article Details

Section
Articles

References

Bastiana, Agustang, A., Jumadi, & Najamuddin. (2019). Karakteristik Umum dan Tingkat Pendapatan Pedagang Kaki Lima (PKL) Kota Makassar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LP2M UNM - 2019.

Handayani, C. M. S. (2013). Karakteristik Pedagang Kaki Lima (PKL) Di Sentra PKL Surabaya. Majalah Ekonomi, 17(2).

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.

Mahendra, S. (2015). Keterkaitan Modal Sosial Dengan Strategi Kelangsungan Usaha Pedagang Sektor Informal Di Kawasan Waduk Mulur: Studi Kasus Pada Pedagang Sektor Informal Di Kawasan Waduk Mulur Kelurahan Mulur Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(2), 10–30.

Nazara. (2010). Ekonomi Informal di Indonesia: Ukuran, Komposisi, dan Evolusi. Organisasi Perburuhan Internasional.

Rahayu, Y. S., & Fitanto, B. (2012). Strategi Pedagang Pasar Tradisional Menghadapi Persaingan Dengan Retail Modern Dan Preferensi Konsumen (Studi Kasus Pada Pasar Legi Kota Blitar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).

Rahayuni, I. G. A. A., Treman, I. wayan, & Citra, I. P. A. (2015). Ekonomi Informal di Indonesia: Ukuran, Komposisi, dan Evolusi. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 3(2).

Sapar, Lumintang, R. W. E., & Susanto, D. (2006). Faktor-Faktor Yang Berkaitan Dengan Perilaku Kewirausahaan Pedagang Kakilima (Kasus Pedagang Kakilima Pemakai gerobak Usaha Makanan Di Kota Bogor). JURNAL P ENYULUHAN, 2(2).

Sastrawan, I. W., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Usaha Pedagang Kaki Lima Di Pantai Penimbangan Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Trendyari, A. A. T., & Yasa, I. N. M. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi Masuk Ke Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 3(10).

Utdwinata, T., & Murtini, S. (2019). Kajian Eksistensi Pedagang Kaki Lima Di Dupak Magersari Kelurahan Jepara Kecamatan Bubutan Kota Surabaya. Swara Bhumi, 1(2).

Widjajanti, R. (2009). Karakteristik Aktivitas Pedagang Kaki Lima Pada Kawasan Komersial Di Pusat Kota Studi Kasus: Simpang Lima Semarang. Teknik, 30(3).

Widyaningrum, N. (2009). Kota Dan Pedagang Kaki Lima. Jurnal Analisis Sosial, 1(18).

Winoto, A., & Budiani, S. R. (2017). Kajian Karakteristik Dan Faktor Pemilihan Lokasi Pedagang Kaki Lima Di Kota Yogyakarta. Jurnal Bumi Indonesia, 6(1).