Efektivitas Pembelajaran Virtual bagi Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang

Nur Fitri Andarukmi, Dianti Lintang Penatas, Elmawati Situmorang, Inaisya Putri Hartono, Niken Wahyuningsih, Rafly Kholid, Zaura Salsalvibilla, Satti Wagistina

Abstract


Angka penyebaran COVID-19 yang terus meningkat menyebabkan kegiatan pembelajaran dilaksanakan di dalam rumah secara virtual yang biasa disebut dengan learn from home. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat keefektifan pembelajaran secara virtual. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui kuesioner yang dibagikan secara online dengan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh meliputi 46.9% responden kurang tertarik kepada pembelajaran virtual. Sebanyak 46,9% responden sering menggunakan WhatsApp Group untuk pembelajaran. Sebanyak 57,8% responden merasa kurang percaya diri dalam berpendapat


Keywords


Efektivitas Pembelajran; Pembelajaran Virtual; Pendidikan Georgafi

Full Text:

PDF

References


Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Ernawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tangeran Selatan.

Hapsari. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA, 18(2), 225–233.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Rosali, E. S., Pendidikan, J., & Universitas, G. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 109–119.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpg.v9i1.30142

Article Metrics

Abstract view : 653 times
PDF file view : 2922 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref  



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.