Respon Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Sendawar Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Online Pada Bidang Studi Geografi
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaam merupakan salah satu perangkat pembalajaran yang berpengaruh terhadap rspon siswa dalam proses pembelajaran. Artikel ini ditulis bertujuan untuk mengetahui respon siswa pada di-mensi kognitif, afektif dan konatif terhadap penggunaan media pembelajaran online pada materi pengetahuan dasar geografi SMAN 2 Sendawar. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pen-dekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada-lah komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket yang disebarkan dan diisi secara online. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada-lah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dari 65 jumlah siswa X IPS 1 dan X IPS 2 yang melakukan proses pembelajaran menggunakan media online, sebanyak 60 siswa mengalami pening-katan hasil belajar yang signifikan, sedangkan terdapat 5 siswa yang justru mengalami penurunan hasil belajar, untuk tingkat kriteria ke-tuntasan minimal (KKM), dari 65 siswa yang melakukan posttest, hanya terdapat 8 siswa yang memenuhi syarat KKM, 57 siswa lainnya belum memenuhi KKM.
Article Details
References
Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222.
Ananda Rusyidi, D. (2017). Inovasi Pendidikan. Medan.
Anitah, S. (2010). Model Pembelajaran. Surakarta: LPP UNN & UNS Press.
Hikmah, N., Budiasih, E., & Santoso, A. (2016). Pengaruh strategi project based learning (PJBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA pada materi koloid. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2248–2253.
Kriswanto, H. D. (2009). E-Learning sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa (Keefektifan Pengunaan Website dan E-mail sebagai Media Pembelajaran pada Program Pembelajaran Jarak Jauh Jurusan PGSD S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ne. Universitas Negeri Semarang.
Lestari, S. W. (n.d.). KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DALAM MASA PANDEMI DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN.
Lu, Y., Xue, Q., Eisele, M. R., Sulistijo, E. S., Brower, K., Han, L., Amir, E. D., Pe’er, D., Miller-Jensen, K., & Fan, R. (2015). Highly multiplexed profiling of single-cell effector functions reveals deep functional heterogeneity in response to pathogenic ligands. Proceedings of the National Academy of Sciences, 112(7), E607–E615.
Nugraha, D. A., & Binadja, A. (2013). Pengembangan bahan ajar reaksi redoks bervisi SETS, berorientasi konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education, 2(1).
Nugraha, J. (2013). Studi Simulasi Model Nested Logit dan Paired Combinatorial Logit pada Respon Multinomial. EKSAKTA: Jurnal Ilmu-Ilmu MIPA, 13(1–2), 63–71.
Nur, M. S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matakuliah CNC Lanjut PU 2A Bubut (Turning) Berbasis Multimedia Interaktif Pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin-Fakultas Teknik UM.
Pendidikan, D., & Kebudayaan, K. B. B. I. (n.d.). Jakarta: Balai Pustaka, 1993. Cet. Ke-2, Edisi Kedua.
Puspitasari, C., & Widiyanto, J. (2016). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMPN 1 KARTOHARJO. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 3(1), 39–45.
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.