Dampak Pembelajaran Daring Saat Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMAN 1 Labuhan Haji

Main Article Content

Ririn Candra Andriana

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada banyak sektor kehidupan, termasuk pendidikan. Proses pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring untuk mitigasi persebaran virus. Menggunakan metode kalitatif deskriptif tulisan ini bertujuan menyajikan kajian dampak pembelajaran daring pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS SMAN 1 Labuhan Haji, spesifik materi pokok Pengolahan dan Analisis Data Kependudukan. Data diproleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil mengindikasikan, dibanding dengan materi pokok yang lain, pembelajaran daring berdampak pada penurunan prestasi belajar pada indikator materi Pengolahan dan Analisis Data Kependudukan, sebesar 40%. Dari 30 siswa dengan Kompetensi Ketuntasan Minimal 75, 53% tuntas dan 47% tidak tuntas, dan nilai rata-rata 75%. Selain itu, terdapat variasi kendala pendampingan orang tua saat belajar daring, seperti sibuk bekerja, tidak sabar melakukan pendampingan, tidak memahi pelajaran, hingga soal beban pengadaan internet. Pembelajaran daring membutuhkan inovasi dan kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua siswa untuk menemukan solusi yang jitu dan afirmatif.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Ririn Candra Andriana, SMAN 1 LABUHAN HAJI

Bekerja sebagai guru geografi di SMAN 1 LABUHAN HAJI, 

Pangkat : pembina IV/a

Merupakan alumni UNDIKSHA jurusan Geografi angkatan 2003

References

Abdurrohman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Briliannur. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 28–37.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mas’udi, W., & (Ed.), P. S. W. (2020). Tata Kelola Penanganan COVID-19 di Indonesia: Kajian Awal. Yogyakarta: UGM Press.

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Retrieved from http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/surat- edaran-mendikbud-nomor-4-tahun-2020

Ratiwi, R. D., & S., W. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Kognitif. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 304–309.

Rosali, R. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.