Pengaplikasian Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII di SMPN 2 Gerokgak

Main Article Content

Ni Made Ayu Diah Darmiati
Ida Bagus Made Astawa
I Wayan Treman

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran TGT dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gerokgak. Berkenaan dengan itu penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen dengan Non Equivalent Post-Tes Only Control Grup Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive random sampling.Pengumpulan data menggunakan metode pencatatan dokumen, observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Pengaplikasian model pembelajaran TGT dalam pembelajaran IPS berkualifikasi baik dengan skor 81.3%, (2) Motivasi belajar siswa pada kelas eksperiment nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol, walaupun secara signifikan tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol (1.99 ≤7.46), dan (3)terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar siswa  pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (3.51>1.99) dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol.Berpijak hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan  motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TGT.

Article Details

Section
Articles

References

Arif Purnomo, Abdul Muntholib.2016. Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Pada Materi Kontroversi (Controversy Issues) Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kota Semarang. Penelitian Pendidikan Vol. 33 Nomor1

Istiqomah. (2006). Teams Game Tuornament ( TGT). Jakarta: PT. Prima Aksara.

Jogiyanto, H.M. 2008. Pedoman Survei Kuesioner, Mengembangkan Kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respon. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA

Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013 SMP/MTs Mata Pelajaran IPS. Jakarta: Pusat Kurikulum Kemendikbud

Rini Setyowati, Wira Fimansyah. 2018. Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia.Vol 3, No 1

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi Dan Praktiknya). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Susanna. (2017). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar.Lantanida Journal. 5(2), 93-196.