Pengaruh Kondisi Ekonomi, Sosial dan Demografi Terhadap Karakteristik Fertilitas Tenaga Kerja Wanita di Kecamatan Gerokgak

Main Article Content

Isnayanti Indana
I Made Sarmita
A Sedyo Adi Nugraha

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh kondisi ekonomi terhadap karakteristik fertilitas di Kecamatan Gerokgak, 2) untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial terhadap karakteristik fertilitas di Kecamatan Gerokgak, 3) untuk mengetahui pengaruh kondisi demografi terhadap karakteristik fertilitas di Kecamatan Gerokgak, dan 4) untuk mengetahui pengaruh kondisi ekonomi, sosial dan demografi terhadap karakteristik fertilitas di Kecamatan Gerokgak. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah wanita usia subur yang bekerja dan sudah menikah di kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng sebesar 1070 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling sehingga sampel penelitian ini sebesar 91 responden. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh kondisi ekonomi terhadap karakteristik fertilitas di Kecamatan Gerokgak, 2) terdapat pengaruh kondisi sosial terhadap karakteristik fertilitas di Kecamatan Gerokgak, 3) terdapat pengaruh kondisi demografi terhadap karakteristik fertilitas di Kecamatan Gerokgak, dan 4) terdapat pengaruh kondisi ekonomi, sosial dan demografi terhadap karakteristik fertilitas di Kecamatan Gerokgak.

Article Details

Section
Articles

References

Ariandi, Rendi; Muhammad, Said . 2016. Pengaruh Urbanisasi, Pendidikan, dan Pendapatan terhadap Tingkat Fertilitas di Lima Kota Provinsi Aceh. Jurnal ilmiah mahasiswa, vil. 1, No. 1 (hal 208 – 216). Aceh. Universitas syariah Kuala Bandah Aceh.

Astawa, Ida Bagus; I Made Sarmita. 2016. Geografi Penduduk. Buku Ajar. Singaraja: Undiksha.

Badan Pusat Statistik ( BPS ). 2016. Penduduk Kabupaten berdasarkan Jenis Kelamin. Singaraja: Teleng indah. ISSN.2477-703X

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. 2013. Perkembangan kependudukan Hasil Survey Demogerafi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 Provinsi Bali. Dapat diunduh dari: http://bali.bps.go.id. (diunduh 15 januari 2018) .

Badan Pusat Statistik ( BPS). 2017. Profil Kesehatan Buleleng. Singaraja: Teleng indah. ISSN. 2477-703X.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ( Bappenas). 2018. Jumalah penduduk Indonesia berdasarkan kelompok umur.

Cahyaning, Suvita. 2013. Analisis faktor yang mempengaruhi fertilitas pekerja wanita di kelurahan Tegal besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jember: FE UNEJ.

Freedman, Ronald. 1962. Teori – Teori Penurunan Fertilitas, Suatu Tinjauan Penelitian Studi Kependudukan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Hatmaji, Sri .1971.Fertilitas (Kelahiran) Dalam Pengantar Demografi. Jakarta LDFFE.UI.

Mantra, Ida Bagoes. 2001. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka ajar.

Nasir, Muhammmad. 2012. Analisis Faktor – Faktor Ekonomi dan Sosial yangMempengaruhi Fertilitas di Provinsi Aceh. Jurnal Ekonomika Indonesia, Vol.1, No 1, (hlm. 78-87). Lhokseumawe. Poloteknik Negri Lhokseumawe.

Pranowo. 1993. Tenaga Kerja Wanita peranannya dalam pembangunan ekonomi. Cakrawala pendidikan Nomor 2, Tahun XII.

Resta, Liapri. 2016. Faktor – faktor yang mempengaruhi Unmet Need pada pasangan usia subur (PUS ) di Wilayah kerja Puskesmas Sokaraja II. (diakses pada tangga 15 januari 2018).

Saleh, M. 2003. Pengaruh Jenis Pekerjaan dan Waktu Kerja terhadap Sstruktur Sosial Ekonomi serta Fertilitas di Kabupaten Jember Jawa Timur. Program Pascasarjana.

Setyorini, Amin. 2005. Hubungan Sosial Ekonomi Terhadap Fertilitas Wanita Pekerja Home Industri Konveksi. (jurnal ekonomi dan management vol 6, no 4, 1 oktober 2005).

Singarimbun, Masri. 1087. Faktor – Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Fertilitas Dan Mortalitas. Yogyakarta : Lembaga Kependudukan UGM.

Sudjinggo. 1988. Tekhnik Pengukuran Demogerafi jilid 1. Jakarta: P2LPTK/Ketua UPBT.

Sukeni, Ni Nyoman. 2009. Faktor – faktor pendorong Hegemonin Negara terhadap Perempuan dalam pelaksanaan Program Keluarga Berencana. Jurnal E, Vol 5 No.2 (Halaman 4-7).

Yuniarti, Sri; H Sukandar; H Susiarno. 2013. Analisis Faktor ynag berhubungan dengan Fertilitas : suatu kajian literature, Universitas Padjajaran, Bandung. Pustaka.unpad.ac.id (diakses pada 15 januari 2018).