Anasilis Spasial Usaha Ikan Asin di Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko

Authors

  • Hasti Rafni STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Rika Despica STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Ade Irma Suryani STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpg.v9i3.39178

Keywords:

Spasial, ikan asin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data, mengolah, menganalisis dan membahas analisis spasial usaha ikan asin di Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko dilihat dari: 1) Distribusi spasial usaha ikan asin 2) Pola sebaran usaha ikan asin, dan 3) Prospek dan kendala usaha ikan asin. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian  ialah Kecamatan Teramang Jaya. Sampel penelitian ini diambil dengan cara total sampling yaitu sampelnya semua pemilik usaha ikan asin di Kecamatan Teramang Jaya. Teknik analisa data menggunakan analisis spasial , teknik tetangga terdekat dan teknik deskriptif menggunakan rumus presentase.  Hasil penelitian yang ditemukan bahwa : 1) distribusi spasial  Usaha ikan Asin di Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten mukomuko  terdapat 11 rumah produksi usaha ikan asin yang tersebar di Kecamatan Teramang Jaya, terdapat di tiga desa yaitu: a) desa Pasar Bantal  memiliki 6 rumah produksi. b) desa Nelan indah memiliki 2 rumah produksi.  c) desa Mandi Angin Jaya memiliki 3 rumah produksi. 2) Pola persebaran usaha Ikan asin ialah  Acak (Random)  (T= 1,062 ), 3) Prospek dalam menjalankan usaha Ikan Asin itu Kategori nya Tinggi denga skor 65 % dan sedangkan Kendala Usaha Kategorinya Cukup dengan Skor 58 % di Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko.

Author Biography

Hasti Rafni, STKIP PGRI Sumatera Barat

Pendidikan geografi pendidikan s1

References

Ahwal Laili, Sulistyaningsih, S. S., & . (2018). Analisis Pemasaran Ikan Kering Di Desa Jangkar. Jurnal Ilimiyah Agribios, 16, 1–13.

Nurzaman, L., Juita, E., & Rezki, A. (2017). Analisis Spasial Wilayah Tangkapan Ikan Nelayan Pantai Indah Kelurahan Koto Jaya Dan Desa Pasar Bantal Di Kabupaten Mukomuko. Program Studi Pendidikan Pendidikan Geografi Stkip Pgri Sumatera Barat Lufinurzaman95@Gmail.Com, 1–10.

Yunus, M., Danial, M., & Nurlaela. (2009). Pengembangan Paket Teknologi Pengolahan Untuk Menghasilkan Ikan Kering Dan Ikan Asap Yang Bermutu Di Kabupaten Takalar. Chemica, 10(2), 66–76.

Andhini, N. F. (2017). Prospek Pengembangan Usaha Reklame Dalam Membangun Perekonomian Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam. (Studi Pada Usaha Reklame Di Kecamatan Pekanbaru Kota). Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Pelambi, M. R., Tilaar, S., & Rengkung, M. M. (2016). Identifikasi Pola Sebaran Permukiman Terencana Di Kota Manado. Spasial, 3(1), 55–65.

Erlina Sofiani. (2011). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing(Guided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Listrik Dinamis.

Hapsari, D. P., Suciati Sudarisman, & Marjono. (2012a). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi, 4(3), 16–28.

Hapsari, D. P., Suciati Sudarisman, & Marjono. (2012b). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi, 4(3), 16–28. Guided Inquiry Models, Diagram V (Vee), Critical Thinking Skills, Biology Learning Achievement%0APENDAHULUAN

Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1), 59–63.

Kristanto, Y., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 22(2), 197–208.

Meidawati, y. (2014). Pengaruh pendekatan pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. 1(2), 203.

Nurfauziah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Dan Discovery. 4(1), 20–24.

Rismawati, Sinon, I. L. S., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMK Negeri 02 Manokwari. Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.267

Sarifudin, I., Rahman, M. H., & Muhammad, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X Mia 5 SMA Negeri 1 Kota Ternate Abstrak. 4(2), 31–36.

Siregar M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Sistem Saraf Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 1. https://doi.org/10.17977/um052v12i1p1-7

Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. (2015). Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kreativitas Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.85

Sudarman, Handoyo, B., & Utomo, D. H. (2018). Meningkatkan hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media visual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 377–381.

Sugiyono. (2016a). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Sugiyono. (2016b). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

wahyuni. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 164. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.308

Wahyuni, R., & Taufik, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. II(4), 2407–6902.

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Idustri. Transpor, XX(4): 54-5 (4): 57-61

Kumaidi. 2005. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 5, No. 4,

Kuntoro, T. 2006. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Semarang: Suatu Studi Berdasarkan Dunia Usaha. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: PPS UNNES

Pitunov, B. 13 Desember 2007. Sekolah Unggulan Ataukah Sekolah Pengunggulan ? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11Agustus

Downloads

Published

2021-11-22