Efektivitas Strategi Pembelajaran Geografi pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Bontang

Authors

  • Maria Evanrista Roslovenia Ndoi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Made Astawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Indra Christiawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpg.v10i1.39352

Keywords:

Efektivitas, Kendala, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan: (1) menganalisa strategi pembelajaran daring yang diterapkan guru geografi di masa pandemic COVID19 (2)mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi guru geografi pada pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19, (3)menganalisis efektivitas strategi pembelajaran daring yang diterapkan guru geografi di masa pandemi COVID 19. Populasi penelitian adalah guru geografi  di Kota Bontang berjumlah 16 orang dan 6 orang  adalah sampel penelitian secara non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan  populasi siswa berjumlah 525 siswa penentuan sampel secara ‘proposional random sampling’ mengambil 10% dari jumlah siswa, yaitu 53 siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif  menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu: (1)strategi pembelajaran yang terapkan yakni kooperatif, ekspositorik, inquiri, dan problem solving.Strategi yang digunakan dalam pembelajaran sesuai (79,17%) dengan tujuan, lingkungan belajar, sarana dan prasarana sekolah, sintak pembelajaran. 20,83% Guru menyatakan ketidaksesuaian  strategi yang digunakan, terutama sintak pembelajaran, (2) kendala yang dihadapi guru geografi (83,33%) saat pembelajaran daring berasal dari siswa, yaitu jaringan, fasilitas, kompetensi dan evaluasi. 7,54 % siswa tidak memiliki smartphone yang berbasis android sehingga akses menjadi terbatas dan tidak memiliki laptop untuk pembelajaran daring (3) Efektivitas  strategi pembelajaran daring yang diterapkan guru geografi di Kota Bontang pada masa pandemi COVID 19 tergolong efektif, yaitu 85,67%.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi Dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi Vi).

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru Tk Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.579

Elfahmi, R. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 Di Sma Negeri 3 Seunagan. Bionatural, Vii(2), 45–52.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19 Melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.548

Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online. In Digital Library, Uin Sunan Gung Djati, Bandung.

Isman, M. (2017). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). In The Progressive And Fun Education Seminar.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika The Effectiveness Of E-Learning Using Online Media During The Covid-19 Pandemic In Mathematics. Al Asma: Journal Of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Nasution, W. N. (2020). Strategi Pembelajaran (A. Daulay (Ed.); Pertama). Perdana Publishing. Https://Doi.Org/10.35542/Osf.Io/Cr96u

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Edupsycouns: Journal Of Education, Psychology And Counseling, 2(1), 1–12.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.460

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Paud. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.574

Satuan Tugas Penangan Covid-19. (2020). Jumlah Terpapar Covid-19 Di Indonesia. Satuan Tugas Penangan Covid-19.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 227–238. Https://Doi.Org/10.15408/Sjsbs.V7i3.15083

Published

2022-06-02