Persepsi Masyarakat terhadap Pemanfaatan Sempadan Pantai untuk Kegiatan Ekonomi dan Dampaknya bagi Lingkungan Pantai (Studi Kasus : Pantai Penimbangan)

Main Article Content

Saut Martogi Ompusunggu
I Made Sarmita
I Gede Astra Wesnawa

Abstract

Kondisi pesisir pantai saat ini semakin mengkhawatirkan karena tidak dikelola dengan baik, tercermin dari banyaknya problematika pesisir seperti di pantai Pura Taman Sari, Pantai Indah. Rusaknya pesisir pantai merupakan ancaman serius bagi ekosistem disekitarnya bahkan cenderung merugikan manusia. Salah satu masalah lingkungan pesisir adalah pemanfaatan sempadan pantai yang terjadi di pantai Penimbangan. Untuk itu dilakukan penelitian ini dengan tujuan dengan tujuan untuk menganalisis pemanfaatan sempadan pantai di Pantai Penimbangan untuk kegiatan ekonomi, menganalisis persepsi masyarakat terhadap pemanfaatan sempadan pantai di Pantai Penimbangan untuk kegiatan ekonomi dan menganalisis kerusakan lingkungan pada sempadan pantai di Pantai Penimbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sempadan pantai lebih cenderung dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi, persepsi masyarakat terhadap sempadan pantai dominan sangat setuju dan kerusakan lingkungan sempadan pantai yang terjadi ialah pencemaran air dan pencemaran tanah. Tindak Lanjut penelitian ini untuk peneliti lain yaitu bagaiman persepsi masyarakat terhadap pemanfaatan sempadan pantai untuk kegiatan ekonomi di daerah lain, sehingga dijadikan bahan komparasi.

Article Details

Section
Articles

References

Kajian Penguatan Identitas Kelembagaan Lokal. Jurnal IKA, 19(1), 58–69. https://doi.org/10.23887/ika.v

Anam,M. (2017). Saifuddin Azwar. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta, 2001, hlm.91. lbid , hlm. 91. 51. 51-56

Bruno, L. (2019). Metode Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689– 1699.

Handayani, G. L., & Sanjiwani, P. K. (2020). Pengaruh Aktivitas Eksklusif Sempadan Pantai Bagi Kehidupan Masyarakat Di Pantai Double-Six. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(2), 176.

Pinto, Z. (2016). Kajian Perilaku Masyarakat Pesisir yang Mengakibatkan Kerusakan Lingkungan (Studi Kasus di Pantai Kuwaru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY). Jurnal Wilayah Dan Lingkungan.

Prastika, Y., & Sunarta, I. N. (2018). Studi Perkembangan Pariwisata Dan Pengaruhnya Pada Lingkungan Fisik Di Pantai Balangan, Desa Ungasan, Jimbaran. Jurnal Destinasi Pariwisata.

Tunjungsari, K. R., Shanty, K., & Parwati, M. (2017). Persepsi masyarakat kuta terhadap Dampak pembangunan hotel berkonsep city hotel Di sunset road kuta bali. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 1(2), 151–164.

Windiarta, I. G. (2021). Pemanfaatan Sempadan Pantai Kedonganan oleh Pengusaha Cafe Berdasarkan Perda Kabupaten Badung Nomor 26 Tahun 2013. Jurnal Konstruksi Hukum.

Yonvitner, Susanto, H. A., & Yuliana, E. (2016). Pengertian, Potensi, dan Karakteristik Wilayah Pesisir. Pengelolaan Wilayah Pesisi Dan Laut, 1–39.