Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Kecamatan Sano Nggoang Kabupaten Manggarai Barat

Main Article Content

Rosalia Osin
I Putu Sriartha
I Gede Astra Wesnawa

Abstract

Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Negeri 1 Kecamatan Sano Nggoang dan SMAK St. Familia Kecamatan Lembor dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap minat belajar siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sano Nggoang dan SMAK St. Familia Kecamatan Lembor, mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap minat belajar siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sano Nggoang dan SMAK St. Familia Kecamatan Lembor. Dan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan orang tua terhadap minat belajar siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sano Nggoang dan SMAK St. Familia Kecamatan Lembor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan data yang dikumpulkan dengan teknik kuesioner, kemudian disebarkan kepada 134 responden dengan rincian 67 siswa dan 67 orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukan efikasi diri termasuk dalam kategori tinggi 70,14%, sedang 25,38%, rendah 4,48%.  Dukungan orang tua termasuk dalam kategori tinggi 73,13%, sedang 22,39%, rendah 4,48%. Sedangkan minat termasuk dalam kategori tinggi 80,60%, sedang 14,92%, rendah 4,48%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis , terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dan minat belajar siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sano Nggoang dan SMAK St. Familia Kecamatan Lembor, terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan orang tua dan minat belajar siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sano Nggoang dan SMAK St. Familia Kecamatan Lembor, terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dan dukungan orang tua terhadap minat belajar siswa SMA  Negeri1 Kecamatan Sano Nggoang dan SMAK St. Familia Kecamatan Lembor.

Article Details

Section
Articles

References

Aryanti, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Bahan Ajar di SMA Negeri 3 Ogan Komering Ulu. Journal of Educational Studies Vol.3, No.1

Amira, D. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Bingkai Bimbingan dan konseling islam. Volume 3, No. 1,

Arikunto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal. vol. 4, No.1, hal. 38–49.

Dwi, A. Y. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas, Dan Kreativitas Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Di Smk Pgri 01 Semarang. http://lib.unnes.ac.id/17468/1/7101409069

Fauziah, N. A. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecemasan Jauh Dari Smartphone (Nomophobia) Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati Vol. 6, No.2, hal 15-20.

Fahira, F. (2020). Identifikasi Efikasi Diri (Self efficacy) dan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Hal. 1-10. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29081

Kahar, I. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas X Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Smanegeri 18 Luwu. Photosynthetica, 2(1), 1–13. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887

Mahardhika, N. A., Jusuf, J. B. K., & Priyambada, G. (2018). "Dukungan orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa SKOI Kalimantan Timur dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani." Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia,Vol. 14, No.2, Hal. 62–68. https://doi.org/10.21831/jpji.v14i2.23525

Musyarrofah, L. A. (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Minat Belajar Peserta Didik Bina Insan Cendekia ( Bic ) Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember . http://digilib.uinkhas.ac.id/10899/

Novitasari, D. R. (2012). Pembangunan Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas 1 Pada Sekolah Dasar Negeri 15 Sragen Program Studi Teknik Informatika Universitas Surakarta. jurnal sentral penenelitia engineering dan edukasi , Vol 2 No. 1, hal. 1-30.

Suparlan, H. (2016). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, Vol. 2 No.1, Hal. 56-78. https://doi.org/10.22146/jf.12614

Sandi, M. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dengan Minat Belajar Siswa-Siswi. Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 5 . No. 2, Hal. 208–214. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4365

Sarwanti, M. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Siswa , Dukungan Orang Tua, Keikutsertaan Bimbingan Belajar, Kebiasaan Bersosial Media Dengan Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri Di Kabupaten Sleman.

Suparlan, H. (2016). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat,Vol. 25, No.1, 56. https://doi.org/10.22146/jf.12614

Taufiq, M. (2017). Pengaruh Pengetahuan Awal Akuntansi Dan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Melalui Minat Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pgri Adi Buana Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, Vol. 3. No(Issue 2579-387X), 20–50.