Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Siswa SMA
Main Article Content
Abstract
Pengembangan e-modul dilakukan untuk menjadi salah satu bahan ajar yang dapat digunakan sebagai sumber belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dan respon siswa terhadap pengembangan e-modul interaktif berbasis aplikasi canva pada materi pengelolaan sumber daya alam Indonesia siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan Planning, Production, and Evaluation (PPE). Teknik analisis data menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian yaitu produk e-modul sudah dibuat menggunakan aplikasi canva dan divalidasi oleh ahli bahan ajar, ahli materi, sert[1]a praktisi pembelajaran dengan nilai ratarata 94,4% kategori sangat baik dan layak diujicobakan. Uji respon siswa dilakukan dalam dua kelas yaitu uji coba kelas kecil dengan hasil 91,7 dan uji coba kelas besar memiliki hasil 90,3 dengn kategori keduanya termasuk dalam kategori sangat baik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustina, D. R., & Wibawa, R. P. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779
Andini, U. S., & Ali, S. D. (2020). Sistem Informasi Geografis Potensi Sumber Daya Alam di Wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan Berbasis Android. Jurnal Informatika Upgris, 5(2), 197–200. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jiu.v5i2.4631
Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Thabiea : Journal of Natural Science Teaching Respon Siswa Terhadap Alat Pirolisis Sampah Plastik Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan di SMP Musi Rawas. Journal of Natural Science Teaching, 02(02), 95–104. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950
Astutik, S., & Prahani, B. K. (2018a). Developing Teaching Material for Physics Based on Collaborative Creativity Learning (CCL) Model to Improve Scientific Creativity of Junior High School Students. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 8(2), 91. https://doi.org/10.26740/jpfa.v8n2.p91-105
Astutik, S., & Prahani, B. K. (2018b). The Practicality and Effectiveness of Collaborative Creativity Learning (CCL) Model by Using PhET Simulation to Increase Students’ Scientific Creativity. International Journal of Instruction, 11(4), 409–424. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11426a
Astutik, S., Susantini, E., Madladzim, & Nur, M. (2020). Effectiveness of Collaborative Students Worksheet to Improve Student’s Affective Scientific Collaborative and Science Process Skills (SPS). Journal of Health and Environmental Science, 5(2), 41–47.
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035
Ende, A. M. N., Jasril, I. R., & Jaya, P. (2022). Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Canva di SMK N 1 Sumatera Barat. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan …, 8(2), 193–199. https://doi.org/https://doi.org/10.55221/mat-edukasia.v7i1.749
Friska, D. Y., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 251–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544
Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar) Ni. International Seminar Proceeding, 3(2252), 58–66. https://doi.org/https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.32
Hayashi, P., Abib, G., & Hoppen, N. (2019). Validity in qualitative research: A processual approach. Qualitative Report, 24(1), 98–112. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2019.3443
Himang, V. H., Mulawarman, W. G., & Ilyas, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman Siswa Kelas XI SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 93–102. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.pp93-102
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, ISBN: 978-602-6779-47-2, 127–134.
Kurniawati, K., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 65–77.
Mahat, H., Arshad, S., Saleh, Y., Aiyub, K., Hashim, M., & Nayan, N. (2020). Penggunaan dan penerimaan bahan bantu mengajar multimedia terhadap keberkesanan pembelajaran Geografi. Malaysian Journal of Society and Space, 16(3), 219–234. https://doi.org/10.17576/geo-2020-1603-16
Malahayati, E. N., & Zunaidah, F. N. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Kurikulum. Jurnal Basicedu, 5(6), 6218–6226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1802
Marpaung, tri M. G. A., Abizar, H., & Nurhaji, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Kompetensi Tune Up Mesin Efi Di Smkn 2 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Teknik …, 21(1), 23–27.
Mujib, M. A., Murjainah, Aryaningrum, K., Arisman, & Selegi, S. F. (2020). Improvement of students soft skills (honesty and motivation) using edmodo by Blended Learning Method. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012117
Munandar, T., & Ahmad, M. (2022). E-Modul Berbasis Nearpod pada Materi PPKn Kelas 2 Tema Hidup Rukun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48503
Nindiawati, D., Subandowo, M., & Rusmawati, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 140–150. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p140
Nurdyansyah, Udin, B., & Alfan Rosid, M. (2021). Pengembangan Media Alat Peraga Edukatif Interaktif (APEI) Laboratorium Bengkel Belajar Berbasis Custom By User. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 54–71. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4047
Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320
Nurjannah, H., Saputro, A., Maddatuang, & Nasiah. (2020). The Application of The Treffinger Learning Model in Learning Geography. LaGeografia, 19(1), 113–127. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i1.13608
Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker berbasis pendekatan saintifik pada materi menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah kata kelas x otkp 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Perkantoran, 7(3), 60–65.
Pemimaizita. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemik Covid-19 Siswa Kelas XI MAN 1 Bungo. Mat-Edukasia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 15–21.
Prasetyo, S., Houtman, & Yusmiono, B. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Kelas X Di SMA Negeri 1 Indralaya. Jurnal Geografi Vol.9 No. 1 2020, 9(1), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/geografi/vol9-iss1/921
Prawijaya, S., Rozi, F., & Siregar, A. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Berbasis SIPDA Dengan Menggunakan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Fisika Prodi PGSD FIP UNIMED. Jurnal Sekolah Universitas Negeri Medan, 6(8.5.2017), 57–63. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/js.v6i3.35566
Primananda, R., & Hamid, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Oleh Guru Geografi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 5 Model Palu. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(1), 15–44.
Puspita, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.20334
Putra, R. P., & Syarifuddin, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penyajian Data Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 264–270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.1
Rahmayani, S., & Hendriana, H. (2021). Validitas Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Problem Based Learning pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 867–874. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.867-874
Salsabila, S., & Syaban, M. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Penampakan Alam Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7896–7905. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3649
Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Fisika; Studi Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6373
Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01
Syahrizaldy, A., Subandowo, M., & Karyono, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Blended Learning Melalui Website Canva Mata Pelajaran Penjas Orkes. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 41–50. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329
Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industi 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343
Syarifuddin, H., & Putra, A. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(1), 39. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265
Wilujeng, I. W., Aji, S. D., & Yasa, A. D. (2021). Pengembangan E Modul Berbasis Canva Digital Tentang Manfaat Hewan Bagi Manusia Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 261–270.
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463
Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76