Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku berbasis Essay Photograph di SMA Negeri 1 Tilango
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan Buku Saku berbasis Essay Photograph sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru geografi; serta penilaian siswa terhadap Buku Saku berbasis Essay Photograph sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan penilaian ahli materi 92,86% masuk kategori Sangat Layak, ahli media 71,76% masuk kategori Layak, guru mata pelajaran 96,13% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan penilaian siswa diperoleh nilai sebesar 92,55% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Combi, Syamswisna, & Marlina, R. (2017). Kelayakan Media Buku Saku Pada Sub Materi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran UNTAN, 6(12), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/16584/14329
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1),63–70. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2476
Dwi Adis, L. (2018). Pengembangan Buku Saku Pembelajaran Pada Mata Pembelajaran Prakarya Aspek Pengolahan Materi Pengolahan Serealia dan Umbi di SMP Negeri 4 Kalasan. Jurnal Pendidikan Teknik Boga, 1–7.
Eliana, D., & Solikhah, . (2012). Pengaruh Buku Saku Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Gizi Pada Anak Kelas 5. Kes Mas, 6(2), 162–232.
Festiawan, R., & Arovah, N. I. (2020). Pengembangan “Buku Saku Pintar Gizi” Untuk Siswa SMP: Alternatif Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Olahraga. Physical Activity Journal, 1(2), 188. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2436
Hadi, A. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Education, 11(1), 90–105.
Hanif, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Untuk Kompetensi Dasar Teknik Memperoleh Modal Usaha Kelas X Pemasaran Smk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2), 115–122.
Hendra, Budijanto, & Ruja, I. N. (2018). Penguatan Kesetiakawanan Sosial Peserta Didik melalui Nilai Budaya Perayaan Maudu Lompoa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1339–1342.
Hendra, H., & Rijal, A. S. (2022). Penggunaan Media Photography Essay Di MAN 1 Kota Gorontalo. LAMAHU: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(1), 24–29. https://doi.org/10.34312/lamahu.v1i1.13597
Indri Melita Utami, Musdansi, D. P., & Asril, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Ipa (Sma N 1 Benai). Jom Ftk Uniks, 2(2), 191–197.
Juminah, Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2023). Kelayakan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 146–153. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.
Khoir, Z., & Aghni, R. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(6), 84–99.
Miftahur Rahmi, Mutia Fonna, Erna Isfayani, Fajriana, & Yeni Listiana. (2023). Pengembangan Buku Saku pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbasis Mind Mapping sebagai Media Pembelajaran. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 3(2), 97–104. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v3i2.968
Mufidah, A. (2016). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Geografi Pada Materi Dinamika Hidrosfer Dan Dampaknya Bagi Kehidupan Di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Gedangan. Swara Bhumi, 1(1), 32–38.
Nugroho, O. C., & Tricana, D. W. (2019). Reyog Obyogan in Photo Essay. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.33153/capture.v11i1.2247
Nurjana, & Dwi, D. F. (2019). Sosialisasi buku saku ekonomi sebagai media pembelajaran. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 526–534.
Prastin, M. A., Damayanti, S., & Permana, E. P. (2022). Pengembangan Media Buku Saku IPS Materi Keragaman Sosial Budaya Kelas IV SDN Sukorame 2. SEMDIKJAR 5, 727–734.
Saputro, R. A., Idris, M., & Suryani, I. (2020). Sejarah Dan Budaya Palembang Barat Sebagai Sumber Buku Saku Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 6(1), 6–17. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i1.4647
Sari, R. M., Kasrina, K., & Jumiarni, D. (2020). Pengembangan Buku Saku Berbasis Penelitian Pengaruh Ampas Tebu Sebagai Media Tanam Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Untuk Matakuliah Mikrobiologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 86–93. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.86-93
Setiyaningrum, & Suratman, B. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 305–317. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p305-317
Sinaga, M. S., & Rakhmawati, F. (2022). Desain Buku Saku Matematika Berbasis HOTS Kelas X Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1301–1314. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1361
Trisianawati, E., Djudin, T., & Katihada, T. (2017). Penyediaan Bahan Bacaan Berupa Buku Saku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 5 Monterado. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 219–229.
Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, V(1), 18–27. https://doi.org/10.37567/jie.v5i1.53
Yaqin, A., & Rochmawati. (2017). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Pendukung Bahan Ajar Pada MaterI PPh PASAL 21. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(1), 1–5.