Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku berbasis Essay Photograph di SMA Negeri 1 Tilango

Main Article Content

Nurul Fajriah Ramadhani
Fitryane Lihawa
Syahrizal Koem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan Buku Saku berbasis Essay Photograph sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru geografi; serta penilaian siswa terhadap Buku Saku berbasis Essay Photograph sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan penilaian ahli materi 92,86% masuk kategori Sangat Layak, ahli media 71,76% masuk kategori Layak, guru mata pelajaran 96,13% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan penilaian siswa diperoleh nilai sebesar 92,55% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Combi, Syamswisna, & Marlina, R. (2017). Kelayakan Media Buku Saku Pada Sub Materi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran UNTAN, 6(12), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/16584/14329

Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1),63–70. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2476

Dwi Adis, L. (2018). Pengembangan Buku Saku Pembelajaran Pada Mata Pembelajaran Prakarya Aspek Pengolahan Materi Pengolahan Serealia dan Umbi di SMP Negeri 4 Kalasan. Jurnal Pendidikan Teknik Boga, 1–7.

Eliana, D., & Solikhah, . (2012). Pengaruh Buku Saku Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Gizi Pada Anak Kelas 5. Kes Mas, 6(2), 162–232.

Festiawan, R., & Arovah, N. I. (2020). Pengembangan “Buku Saku Pintar Gizi” Untuk Siswa SMP: Alternatif Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Olahraga. Physical Activity Journal, 1(2), 188. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2436

Hadi, A. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Education, 11(1), 90–105.

Hanif, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Untuk Kompetensi Dasar Teknik Memperoleh Modal Usaha Kelas X Pemasaran Smk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2), 115–122.

Hendra, Budijanto, & Ruja, I. N. (2018). Penguatan Kesetiakawanan Sosial Peserta Didik melalui Nilai Budaya Perayaan Maudu Lompoa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1339–1342.

Hendra, H., & Rijal, A. S. (2022). Penggunaan Media Photography Essay Di MAN 1 Kota Gorontalo. LAMAHU: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(1), 24–29. https://doi.org/10.34312/lamahu.v1i1.13597

Indri Melita Utami, Musdansi, D. P., & Asril, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Ipa (Sma N 1 Benai). Jom Ftk Uniks, 2(2), 191–197.

Juminah, Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2023). Kelayakan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 146–153. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.

Khoir, Z., & Aghni, R. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(6), 84–99.

Miftahur Rahmi, Mutia Fonna, Erna Isfayani, Fajriana, & Yeni Listiana. (2023). Pengembangan Buku Saku pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbasis Mind Mapping sebagai Media Pembelajaran. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 3(2), 97–104. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v3i2.968

Mufidah, A. (2016). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Geografi Pada Materi Dinamika Hidrosfer Dan Dampaknya Bagi Kehidupan Di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Gedangan. Swara Bhumi, 1(1), 32–38.

Nugroho, O. C., & Tricana, D. W. (2019). Reyog Obyogan in Photo Essay. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.33153/capture.v11i1.2247

Nurjana, & Dwi, D. F. (2019). Sosialisasi buku saku ekonomi sebagai media pembelajaran. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 526–534.

Prastin, M. A., Damayanti, S., & Permana, E. P. (2022). Pengembangan Media Buku Saku IPS Materi Keragaman Sosial Budaya Kelas IV SDN Sukorame 2. SEMDIKJAR 5, 727–734.

Saputro, R. A., Idris, M., & Suryani, I. (2020). Sejarah Dan Budaya Palembang Barat Sebagai Sumber Buku Saku Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 6(1), 6–17. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i1.4647

Sari, R. M., Kasrina, K., & Jumiarni, D. (2020). Pengembangan Buku Saku Berbasis Penelitian Pengaruh Ampas Tebu Sebagai Media Tanam Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Untuk Matakuliah Mikrobiologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 86–93. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.86-93

Setiyaningrum, & Suratman, B. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 305–317. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p305-317

Sinaga, M. S., & Rakhmawati, F. (2022). Desain Buku Saku Matematika Berbasis HOTS Kelas X Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1301–1314. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1361

Trisianawati, E., Djudin, T., & Katihada, T. (2017). Penyediaan Bahan Bacaan Berupa Buku Saku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 5 Monterado. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 219–229.

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, V(1), 18–27. https://doi.org/10.37567/jie.v5i1.53

Yaqin, A., & Rochmawati. (2017). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Pendukung Bahan Ajar Pada MaterI PPh PASAL 21. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(1), 1–5.