Hubungan IPK dan Hasil Belajar PKLH Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Hidup Mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi Undiksha
Main Article Content
Abstract
Permasalahan lingkungan hidup akhir-akhir ini dapat dijumpai dimana saja yang disebabkan oleh sikap dan perilaku manusia terhadap lingkungan hidup. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui; (1) hubungan antara Indeks Prestasi Kumulatif terhadap sikap peduli lingkungan hidup. (2) hubungan antara hasil belajar PKLH terhadap sikap peduli lingkungan hidup. (3) hubungan antara Indeks Prestasi Kumulatif dan hasil belajar PKLH secara simultan tehadap sikap peduli lingkungan hidup. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Semester VI dan VIII Universitas Pendidikan Ganesha yang telah memperoleh mata kuliah PKLH. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik angket dan pencatatan dokumen. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi Product Moment dan korelasi berganda. Hasil uji analisis korelasi antara Indeks Prestasi Kumulatif (X1) dengan sikap peduli lingkungan hidup (Y) diperoleh nilai rxy sebesar 0,717 yang termasuk dengan kriteria hubungan yang kuat, sedangkan untuk uji analisis korelasi antara hasil belajar PKLH (X2) dengan sikap peduli lingkungan hidup (Y) diperoleh nilai rxy sebesar 0,628 yang termasuk dengan kriteria hubungan yang kuat, dan hasil uji analisis korelasi berganda antara Indeks Prestasi Kumulatif dan hasil belajar PKLH secara simultan tehadap sikap peduli lingkungan hidup diperoleh nilai R sebesar 0,593 yang termasuk dengan kriteria hubungan yang sedang.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anggara, F. S., Kamaruddin, T., & Taher, A. (2017). Korelasi Nilai Mata Kuliah Geografi Lingkungan Dan PKLH Dengan Sikap Peduli Lingkungan Hidup Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNSYIAH. Jurnal Ilmmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2(2), 24–33.
Badan Pusat Statistik. (2014). Indikator Perilaku Peduli Lingkungan (Vol. 2014).
Bambang Syaeful Hadi Muhsinatun Siasah Masruri. (2015). Pengaruh Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 16–32. https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5285
Bona, Jufri, Subhan Hayun, A. S. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 391–402. https://doi.org/10.5281/zenodo.6370971
Dan, S., Mahasiswa, K., & Kumurur, V. A. (2008). Hidup Kota Jakarta. 8(2), 1–24.
Ismail, Y., Juwono, R., Dimyati, D., Runtuk, J., & Adji, R. (2021). Membangun Kesadaran Lingkungan Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Keberlanjutan ( Studi Kasus : Mahasiswa President University ). VI(3), 2102–2110.
Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. (2014). Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di Indonesia. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 9).
Meilinna. (2018). Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Mi Muhammadiyah Tangkit Batu Natar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Mustika, F., & Sahudra, T. M. (2018). Peranan Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Geografi di Universitas Samudra Langsa. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 235. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i2.11291
Nugroho, W. S., Ismail, I., & Hariz, A. R. (2018). Korelasi Pengetahuan Mahasiswa Tentang Pemanasan Global Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Sekitar. Al-Hayat: Journal of Biology and Applied Biology, 1(1), 13. https://doi.org/10.21580/ah.v1i1.2682
Prasetyo Bambang, J. M. L. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif.
Purnamasari, I., Alfiandra, A., & Kurnisar, K. (2019). Perbandingan Sikap Peduli Lingkungan Antara Mahasiswa Yang Mempelajari Mata Kuliah Pklh Dengan Mahasiswa Yang Tidak Mempelajari Mata Kuliah Pklh Fkip Universitas Sriwijaya. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(1), 117–133. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i1.7927
Rahmawati, H. (2015). Pengembangan Instrumen Intensi Perilaku Peduli Lingkungan Pada Mahasiswa Dan Faktor  Faktor Pembentuknya. Jurnal Sains Psikologi, 5(1), 1–10.
Rifai, A. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.
Sarinastiti, R., & Wibowo, Y. A. (2021). Analisis isi buku teks geografi kelas XI SMA kurikulum 2013 (K13) edisi revisi terbitan Mediatama berdasarkan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(1), 48–60. https://doi.org/10.17977/um017v26i12021p048
Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). Kesadaran Dan Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa Di Kampus. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 260. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.21061
Sujana, K., Hariyadi, S., & Purwanto, E. (2018). Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Peduli Lingkungan Pada Mahasiswa. Jurnal Ecopsy, 5(2), 81. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i2.5026
Yanti, R., Windarto, A. P., & Suhada, S. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Ipk Mahasiswa Terhadap Penentuan Kualitas Proses Pembelajaran Dengan Metode Electre Ii. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 36–41. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1696