Penggunaan Media Story Maps dalam Pembelajaran Geografi dan Implikasinya terhadap Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Singaraja

Main Article Content

Restu Ade Yanti
Ida Bagus Made Astawa
I Made Sarmita

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) penerapan media ArcGIS Story Maps dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan minat belajar, (2) minat belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan media ArcGIS Story Maps, dan (3) pengaruh media ArcGIS Story Maps terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran geografi pada kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) Non Equivalent Control Group Design menggunakan studi populasi/sensus pada dua kelas. Kedua kelas memiliki kesetaraan sehingga dilakukan randomisasi dan menetapkan kelas XI IIS 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelompok kontrol serta guru geografi pada kelas bersangkutan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis inferensial menggunakan uji-t serta analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru telah mampu mengimplementasikan media ArcGIS Story Maps dalam pembelajaran geografi dengan kriteria sangat baik (89,93), (2) terdapat perbedaan minat belajar siswa secara signifikan antara sebelum dan sesudah diimplementasikan media pembelajaran ArcGIS Story Maps dalam pembelajaran Geografi di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja (0,048 < 0,05), dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan media pembelajaran ArcGIS Story Maps terhadap minat belajar Geografi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja (4,234 > 2,048). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media ArcGIS Story Maps dapat memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai referensi media pembelajaran bagi guru.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Restu Ade Yanti, Universitas Pendidikan Ganesha

Department of Geography

References

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Astawa, I. B. M., & Adnyana, I. G. A. P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Aziza, N., & Rosita, L. (2020). Belajar Geografi dengan Media Komik Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Swarnabhumi, 5(2), 19–26.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. In CV Kaaffah Learning Center.

Harder, C., & Brown, C. (2017). The ArcGIS Book 10 Big Ideas about Applying The Science of Where. In The ArcGIS Book: 10 Big Ideas about Applying The Science of Where (The ArcGIS Books) (Vol. 1). www.TheArcGISBook.com

Marta, M., & Osso, P. (2015). Story Maps at school: teaching and learning stories with maps. Journal of Research and Didactics in Geography, 2(4), 61–68. https://doi.org/10.4458/6063-05

Permatasari, I. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Model Realia Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Materi Mengenal Bumi.

Prasetya, S. P. (2014). Media Pembelajaran Geografi (1 ed.). Penerbit Ombak.

Rosyendra, M. G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Story Map Mata Pelajarran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam untuk SMA Kelas XI di Kabupaten Situbondo.

Siskawati, M., Pargito, & Pujiati. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 72–80.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Spring. (2016). Ten Surprising and Useful Ways to Use Story Maps. ArcUser. https://www.esri.com/about/newsroom/arcuser/ten-surprising-and-useful-ways-to-use-story-maps/?rmedium=arcuser&rsource=https://www.esri.com/esri-news/arcuser/spring-2016/ten-surprising-and-useful-ways-to-use-story-maps

Strachan, C., & Mithcell, J. (2014). Teachers’ Perceptions of Esri Story Maps as Effective Teaching Tools. Review of International Geographical Education Online, 4(3), 195–220.

Suasti, N. Y. (2015). Penguatan Kurikulum dan Pembelajaran Geografi. Pemantapan Profesionalisme Pendidik Geografi di Era MEA, 350–355.

Wardani, U. K. (2015). Peningkatan minat dan hasil belajar memproses buku besar melalui pembelajaran tutor sebaya pada kelas x akuntansi 3 smk n i salatiga semester genap tahun 2013/2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 66–77.

Winantiary, V. (2018). Pengaruh Media Audiovisual pada Pembelajaran Geografi Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 di MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. In Digital Repository Universitas Negeri Medan.