Efektivitas Pembelajaran melalui Digital Learning System berbasis iPad Class pada Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi di SMA Harapan Mulia

Main Article Content

Ira Yunita Agustina
I Made Sarmita
I Putu Ananda Citra

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis proses pembelajaran geografi menggunakan Digital learning system berbasis I-Pad Class di SMA Harapan Mulia, menganalisis hambatan guru geografi dalam proses pembelajaran menggunakan Digital Learning berbasis iPad Class di SMA Harapan Mulia, menganalisis efektivitas Digital learning system berbasis Ipad Class terhadap proses pembelajaran di SMA Harapan Mulia.  Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif dengan Subjek penelitian ini adalah yaitu Kepala Sekolah, Guru Geografi, dan peserta didik SMA Harapan Mulia. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan  observasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembelajaran terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian, sampai dengan pengawasan atau monitoring menggunakan IPad yang dilengkapi dengan Mobile device management (MDM) yang dapat digunakan untuk memonitor, mengontrol dan melindungi perangkat mobile yang digunakan yakni berupa IPad, Proses pembeajaran digital learning berbasis iPad Class berjalan efektif karena semua indikator efektivitas pembelajaran menunjukkan hasil yang baik dan memenuhi kriteria indikator, dan Terdapat hambatan baik secara teknis seperti gangguan jaringan, dan hambatan non teknis berupa kurangnya kompetensi guru dalam penggunaan IPad sehingga masih diperlukannya pelatihan.

Article Details

Section
Articles

References

Alim, A. A. S., & Hamid, A. (2020). Efektivitas Sistem E-learning Quipper School Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X MA Ihyaul Ulum Gresik. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34–39. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.67

Arifka, A., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan digital learning Geografi berbasis learning management system moodle pada materi dinamika kependudukan kelas XI SMA. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(7), 832–844. https://doi.org/10.17977/um063v1i7p832-844

Aryani, Y. W. D. (2009). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2008 / 2009. 1–140.

Farida, E. (2019). Media Pembelajaran Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa Pada Abad-21. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3(2), 457–476. https://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/102

Gogik, B. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Information Technology ( It ) Terhadap Peningkatan Prestasi Siswa. 9(2), 94–103.

Hi, M., As, L., Megaswara, A. N., & Stasions, R. (2018). No Title. 7.

Kurniawan, R., Henderi, H., & Nursetianingsih, F. (2012). Penggunaan iPad Mendukung Pembelajaran pada Mahasiswa iLearning. CCIT Journal, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.33050/ccit.v6i1.380

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Mutaqin, E. J., Muslihah, N. N., Hamdani, N. A., & Nurfalah, S. (2021). The Effectiveness of Whatsapp-Based Online Learning in Class Students IV SD Negeri Babakandesa. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 4(1), 117. https://doi.org/10.20961/shes.v4i1.48583

Nofrion, N. (2018). Karakteristik Pembelajaran Geografi Abad 21. INA-Rxiv Papers, 1–19.

Nomor, K. U. (2015). Pembelajaran Geografi sebagai Salah Satu Dasar Pembentukan Karakter Bangsa. 8(November), 241–252.

Profesionalitas, P. (n.d.). Pemetaan Kualifikasi Dan Kompetensi Guru Geografi Bagi Peningkatan Profesionalitas.

Rinjani, M. F. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketimpangan Distribusi Pendapatan di Indonesia Tahun 2010-2016. Skripsi, 2006, 2. http://repository.umy.ac.id

Satu, S., & Pendidikan, S. (2019). Penerapan metode pembelajaran outdoor study dan metode pembelajaran di dalam kelas pada materi hidrosfer di sma nusaputera kota semarang.

Susilawati, S. A., & Sochiba, S. L. (2022). Pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi: Systematic review. Jurnal Pendidikan Geografi, 27(1), 51–62. https://doi.org/10.17977/um017v27i12022p51-62

Susilawati, S. A., & Sunarhadi, M. A. (n.d.). Geografi 2.

Tribowo. (2015). Efektivitas pembelajaran FKIP UMP. 2007, 1–4.

UNICEF. (2021). Analisis Situasi Untuk Lanskap Pembelajaran Digital Di Indonesia. https://www.unicef.org/indonesia/media/13421/file/Analisis Situasi untuk Lanskap Pembelajaran Digital di Indonesia.pdf

Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, pp. 13–20).