Karekteristik Masyarakat Pesisir pada Kawasan Pertambangan Emas di Kecamatan Maluk Sumbawa Barat

Main Article Content

Ibrahim ibrahim
Ilham Zitri

Abstract

Penelitian ini menganalisis karakteristik masyarakat pesisir di kawasan pertambangan emas di Kecamatan Maluk, Sumbawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dampak aktivitas pertambangan emas terhadap masyarakat pesisir dan bagaimana karakteristik masyarakat beradaptasi dengan perubahan lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya yang diakibatkan oleh aktivitas pertambangan. Metode penelitian ini melibatkan survei lapangan, wawancara dengan penduduk setempat, dan analisis data sekunder yang mencakup data ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat pesisir di Kecamatan Maluk sangat bergantung pada aktivitas pertambangan emas sebagai sumber penghidupan utama. Namun, dampak lingkungan yang dihasilkan oleh aktivitas pertambangan, seperti pencemaran air dan tanah oleh bahan kimia beracun, telah mengganggu mata pencaharian tradisional seperti perikanan dan pertanian. Karakteristik sosial juga mengalami perubahan signifikan. Mobilitas penduduk meningkat karena peningkatan peluang pekerjaan di sektor pertambangan. Hal ini berdampak pada struktur sosial dan nilai-nilai tradisional. Kesehatan masyarakat juga terancam akibat paparan merkuri dan bahan kimia beracun lainnya yang digunakan dalam proses pertambangan emas. Penelitian ini menggarisbawahi perlunya tindakan yang koordinatif dari pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk mengurangi dampak negatif aktivitas pertambangan emas. Ini termasuk upaya untuk memitigasi dampak lingkungan, melindungi hak-hak masyarakat pesisir, meningkatkan akses pendidikan dan layanan kesehatan, serta merumuskan kebijakan yang mendukung perkembangan berkelanjutan di kawasan pertambangan emas.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Ibrahim ibrahim, Universitas Muhammadiyah Mataram

Prodi Pendidikan Geografi UMMAT

References

Fournier, J., Heale, R., & Rietze, D. L. (2012). Perawatan Utama Canggih Access Mengurangi Tunggu Times pada Primary Healthcare. 64 Kesehatan Triwulan Kesehatan Triwulan.

Harjadi, D., Fajarwati, N., & Fatmasari, D. (2018). Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i2.3603

Hayat, N., Ayu, P., Wendy, L., Larasati, & Cahya, N. (2022). Karakteristik Masyarakat Pesisir: Kehidupan Keagamaan Dan Pandangan Masyarakat Pesisir Desa Pulo Panjangpadatradisi Lokal Sedekah Laut. Jurnal Manajemen Riset Dan Teknologi.

Ibrahim, I., Baiquni, M., Ritohardoyo, S., & Setiadi, S. (2016). Karakteristik Kemiskinan Masyarakat Perdesaan Pada Kawasan Pertambangan Emas Di Kabupaten Sumbawa Barat. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 32(1), 163. https://doi.org/10.29313/mimbar.v32i1.1583

Ibrahim, I., Setiadi, S., Saleh, M., Gani, A. A., Mintasrihardi, M., Am, J., Mas’ad, M., & Kamaluddin, K. (2022). Karakteristik BUMDes Pesisir pada Kawasan Pertambangan Emas di Kecamatan Maluk Sumbawa Barat. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora. https://doi.org/10.23887/jish.v11i1.35080

Ibrahim, & Sutarna, I. T. (2018). Management Of Village Business Enterprises In Improving Community Welfare Resilience Of Gold Mining Areas In Sumbawa Barat District Ibrahim 1 , Iwan Tanjung Sutarna 2. Jurnal TATALOKA.

Iqfani, I. (2022). Analisi perancangan feature program “secangkir kopi dan sebait syukur.” Inter Community: Journal of Communication Empowerment. https://doi.org/10.33376/ic.v3i1.1145

Mestika Zed. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Ranggalawe, G. N., Susanti, I., & Fahmi, K. (2023). Dilema Penegakan Hukum Penyelesaian Pertambangan Tanpa Izin. Marwah Hukum. https://doi.org/10.32502/mh.v1i1.5600

Siagian, L. G. (2021). Analisis Perkembangan Universal Health Coverage Negara Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia.

Siregar, E. S., Adawiyah, R., & Putriani, N. (2021). Dampak Aktivitas Pertambangan Emas Terhadap Kondisi Ekonomi dan Lingkungan Masyarakat Muara Soma Kecamatan Batang Natal. Jurnal Education and Development.

Situmorang, G. (2019). PETI, Bom Waktu Pencemaran Lingkungan. Https://Investor.Id/Opinion/Peti-Bom-Waktu-Pencemaran-Lingkungan.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Koleksi Buku UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.

Sukandi, A. (2019). Implementasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah Dan Berdampak Pada Citra Lembaga Perbankan (Suatu Survey Pada Lembaga Perbankan Nasioanal). Sosiohumaniora.

Syali, T., Muhibuddin, A., & Saleh, H. (2020). The Influence of the Development of the Special Economic Zone in Sorong on the Economic Growth of West Papua Province. Ursj.

Syali, T., Muhibuddin, A., & Saleh, H. (2021). Pengaruh Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Sorong Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Papua Barat. Urban and Regional Studies Journal. https://doi.org/10.35965/ursj.v3i1.516

Zitri, I. (2020). Akuntabilitas Pemerintahan Desa Benete dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Gorontalo Journal of Government and Political Studies. https://doi.org/10.32662/gjgops.v3i2.1128