Adopsi Teknologi sebagai Sumber Belajar SIG oleh Guru Geografi di Kabupaten Sukoharjo

Main Article Content

Wahyu Widiyatmoko
Dea Handika Pratiwi
Yunus Aris Wibowo
Ratih Puspita Dewi
Puspita Indra Wardhani
Muhammad Musiyam

Abstract

Adopsi teknologi dalam pembelajaran menjadi suatu keharusan bagi guru, tidak terkecuali guru geografi. Adopsi teknologi dapat berupa pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran geografi. Pemanfaatan sumber belajar digital oleh guru geografi sudah dilakukan oleh beberapa peneliti dan hasilnya tidak begitu menggembirakan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat adopsi teknologi dalam pembelajaran SIG oleh guru geografi di Kabupaten Sukoharjo. Kabupaten Sukoharjo dipilih karena wilayah ini berbatasan langsung dengan wilayah urban Surakarta dengan fasilitas pendukung digital yang baik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi di Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 33 guru. Seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Pengukuran tingkat adopsi teknologi informasi oleh guru geografi di Kabupaten Sukoharjo dilakukan dengan menggunakan model The unified  theory of acceptance and use of  technology  (UTAUT). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar digital yang paling banyak digunakan oleh guru geografi dalam pembelajaran SIG adalah YouTube, disusul dengan sumber peta dan Google Earth. Tingkat adopsi teknologi pada pembelajaran SIG oleh guru geografi di Kabupaten Sukoharjo termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata 64,5. Hasil ini menunjukkan bahwa perlu adanya pelatihan mengenai pemanfaatan teknologi dan sumber belajar digital untuk pembelajaran SIG bagi guru geografi di Kabupaten Sukoharjo.

Article Details

Section
Articles

References

Buana, T. (2023). Pengaruh Media Peta Rupa Bumi Dalam Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS SMAN 2 Jember. PESAT: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 9(1), 65–76. http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pesat/

Dewi, A. F., & Nofrion, N. (2023). Perancangan Buku Saku Digital Potensi Sumber Daya Alam Sebagai Sumber Belajar Kontekstual Geografi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23728–23736.

Ghafur, F. (2023). Pemanfaatan Google Earth Dalam Materi Penginderaan Jauh untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Journal Creativity, 1(2), 79–87. https://doi.org/10.62288/creativity.v1i2.9

Gómez-Trigueros, I. M. (2020). Digital Teaching Competence and Space Competence with TPACK in Social Sciences. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(19), 37–52. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i19.14923

Goulah, J. (2009). Tsunesaburo Makiguchi and Mikhail Bakhtin in dialogue: pedagogy for a spatial literacy of ecological selfhood. Asia Pacific Journal of Education, 29(2), 265–279. https://doi.org/10.1080/02188790902859038

Guo, F., Liu, Z., Duan, Y., Stoltman, J. P., Zhou, W., & Yao, Y. (2017). The Design of Interactive Digital Learning Resource in Geography of Middle School. Proceedings of the 2017 3rd International Conference on Social Science and Higher Education, 361–371. https://doi.org/10.2991/icsshe-17.2017.92

Hakim, L., Astutik, S., & Mujib, M. A. (2023). The Influence of Google Earth Learning Media on Geography Thinking Skills and Student Learning Outcomes. Pancaran Pendidikan, 12(3), 7–15. https://doi.org/10.25037/pancaran.v12i3.443

Hill, J., & Nelson, M. (2011). Evaluating the perceived effectiveness of video podcasts as a learning resource for geography. Planet, 24(1), 76–82. https://doi.org/10.11120/plan.2011.00240076

Ishak, N. S., & Khalid, F. B. (2021). Penggunaan video YouTube bagi Meningkatkan Minat dan Pencapaian murid dalam Pembelajaran Geografi Fizikal di Sekolah Menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(3), 228–240. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i3.708

Kim, H. (2021). Digital Transformation of Education Brought by COVID-19 Pandemic. Journal of the Korea Society of Computer and Information, 26(6), 183–193.

Kim, J., & Lee, K. S.-S. (2022). Conceptual model to predict Filipino teachers’ adoption of ICT-based instruction in class: using the UTAUT model. Asia Pacific Journal of Education, 42(4), 699–713. https://doi.org/10.1080/02188791.2020.1776213

Larsen, T. B., & Harrington, J. A. (2018). Developing a Learning Progression for Place. Journal of Geography, 117(3), 100–118. https://doi.org/10.1080/00221341.2017.1337212

Lü, G., Batty, M., Strobl, J., Lin, H., Zhu, A.-X., & Chen, M. (2019). Reflections and speculations on the progress in Geographic Information Systems (GIS): a geographic perspective. International Journal of Geographical Information Science, 33(2), 346–367. https://doi.org/10.1080/13658816.2018.1533136

Muzaki, Moh., Handoyo, B., & Taryana, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Geografi Materi Sumber Daya Alam berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(1), 13–23. https://doi.org/10.17977/um063v2i1p13-23

Nuraini, I., Sutama, S., & Narimo, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Ispring Suite 8 di Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 31(2), 62–71. https://doi.org/10.23917/varidika.v31vi2i.10220

Oktavia, C. D., Abdi, A. W., & Aziz, D. (2017). Hubungan Penggunaan Youtube sebagai Sumber Belajar dan Keterampilan Membaca Peta dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2(4), 1–9.

Pranoto, E., Sanjoto, T. B., & Suroso, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual Digital pada Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Edu Geography, 5(1), 39–47. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo

Puspita, E. D., Lilfitri, I. N., & Widiyatmoko, W. (2021). Integrasi Sumber Belajar Youtube dan Google Classroom untuk Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 7 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(2), 117–127. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i2.14159

Rafsanjani, A., & Nofrion, N. (2023). Visualisasi Webgis Potensi Fisik dan Sosial Nagari Koto Sani sebagai Sumber Belajar Geografi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 1060–1074.

Rakhmah, D. N. (2020). Memahami Generasi Pasca Millenial: Sebuah Tinjauan Praktik Pembelajaran Siswa. Masyarakat Indonesia, 46(1), 49–64. https://doi.org/10.14203/jmi.v46i1.866

Ramadhan, A. (2023). Optimalisasi Literasi Digital Terhadap Generasi Z dan Merekontruksi Moral Menuju Pendidikan Berkualitas Perspektif SDGs 2030. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 161–167.

Ridwana, R., Nafisyah, V. A., Yani, A., Setiawan, I., Waluya, B., Mulyadi, A., & Rosyana, M. (2022). Pengembangan Media Digital untuk Meningkatkan Minat Siswa dan Kualitas Pembelajaran Geografi di Sekolah. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(2), 268–286.

Rifai, M. H., & Wijayanti, A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi SMA di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Edudikara, 2(3), 210–216.

Riyadi, R. (2021). Membangkitkan minat belajar Geografi dengan Google Earth pada peserta didik kelas XI IPS. Action Research Journal, 1(1), 153–156. https://doi.org/10.51651/arj.v1i1.118

Schee, J. Van Der. (2006). Geography and New Technologies. In Geographical Education in a Changing World (pp. 185–193). Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/1-4020-4807-6_14

Starkey, L. (2020). A review of research exploring teacher preparation for the digital age. Cambridge Journal of Education, 50(1), 37–56. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1625867

Sutama, S., & Fajriani, I. N. (2022). Media Pembelajaran E-Learning Berbasis WEB di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal VARIDIKA, 33(2), 129–140. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i2.15330

Yana, Y., Handoyo, B., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Digital Geografi SMA Berplatform Aplikasi 3D Page Flip dengan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) Materi Keragaman Budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktik Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 26(2), 92–98. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpg/

Yulianto, D., & Widiyatmoko, W. (2023). Tingkat Keberlanjutan Penggunaan Sumber Belajar Digital Oleh Guru Geografi Pada Materi SIG. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 29(2), 119–134. https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i2.50045

Zain, S. (2021). Digital transformation trends in education. In Future Directions in Digital Information (pp. 223–234). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-822144-0.00036-7