PENERAPAN MEDIA COMPACT DISC PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 2 LALANGLINGGAH

Authors

  • Pt. Herawati, I Kt. Ardana, I Kt.Adnyana Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1325

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Lalanglinggah  tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 11 orang siswa. Pengumpulan data hasil belajar dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan rumus teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media compact disc pembelajaran dengan pendekatan sains teknologi masyarakat pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Lalanglinggah tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terlihat rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 66,90 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 74,18. Sedangkan persentase ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 63,63% yang berada pada kategori rendah, mengalami peningkat pada siklus II menjadi 81,81% berada pada kategori tinggi. Jadi simpulan dari penelitian ini adalah penerapan media compact disc pembelajaran dengan pendekatan sains teknologi masyarakat pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Lalanglinggah tahun ajaran 2012/2013.

 

Kata Kunci: Compact Disc, Pendekatan,  Sains Teknologi Masyarakat, Hasil Belajar, dan IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Kt.Adnyana Putra, P. H. I. K. A. (2013). PENERAPAN MEDIA COMPACT DISC PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 2 LALANGLINGGAH. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1325

Issue

Section

Articles