PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IVGUGUS IX ABIANSEMAL KECAMATAN ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • I Kadek Agustino
  • I. B. Surya Manuaba
  • I Wayan Sujana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.14427

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis penilaian kinerja dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus IX Abiansemal Kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Gugus IX Abiansemal Kecamatan Abiansemal yang berjumlah 229 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV SD No. 3 Darmasaba berjumlah 41 siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model inkuiri berbasis penilaian kinerja dan siswa kelas IV SD No. 1 Darmasaba berjumlah 33 siswa sebagai kelompok dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dengan jenis objektif bentuk pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung  = 7,381 > ttabel = 2,000 untuk signifikansi 5% dan dk = 72. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis penilaian kinerja 83,70, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional  70,93. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis penilaian kinerja terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV SD Gugus IX Abiansemal Kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017.

Downloads

Published

2017-11-07

How to Cite

Agustino, I. K., Manuaba, I. B. S., & Sujana, I. W. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IVGUGUS IX ABIANSEMAL KECAMATAN ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.14427

Issue

Section

Articles