PENGGUNAAN TEKNIK PANCING ALASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MENYAMPAIKAN ARGUMENTASI

Authors

  • Ida Ayu Kd. Suartini, Kt. Dibia, Desak Pt. Parmiti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1498

Abstract

Abstrak
Proses keterampilan berbicara yang berlangsung di kelas V SD Negeri 3 Banjar masih belum optimal. Hal ini terbukti banyak siswa masih takut untuk berargumentasi dan setengah dari siswanya belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam menyampaikan argumentasi kelas V Semester I di SD Negeri 3 Banjar setelah penggunaan teknik pancing alasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Banjar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 24 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang dikumpulkan adalah keterampilan berbicara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata keterampilan berbicara secara klasikal pada siklus I sebesar 63 dengan presentase rata-rata 63% yang tergolong pada kategori cukup dan ketuntasan belajar sebesar 62,5%. Pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 81,17 dengan persentase rata-rata sebesar 81,17% yang berada pada kategori baik dan ketuntasan belajar sebesar 91,67%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik pancing alasan dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam menyampaikan argumentasi siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2012/2013 di SD Negeri 3 Banjar.

Kata-kata kunci: teknik pancing alasan, keterampilan berbicara, argumentasi

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Desak Pt. Parmiti, I. A. K. S. K. D. (2013). PENGGUNAAN TEKNIK PANCING ALASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MENYAMPAIKAN ARGUMENTASI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1498

Issue

Section

Articles