PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEMESTER II SD GUGUS VI KECAMATAN SUKASADA

Rijal Alif Naharir, Nyoman Dantes, Nyoman Kusmariyatni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Video terhadap hasil belajar Matematika dan (2) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini termasuk penelitian Eksperimen semu yang menggunakan post tes only control grup desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 138 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu di SDN 4 Panji Anom sebagai kelas eksperimen dan MI Abul Abbas Tegaliggah sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriftif dan analisis varians (ANAVA A). Penelitian ini memperoleh hasil bahwa : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Video terhadap hasil belajar Matematika dengan menunjukkan efektivitas tinggi sig. 0,8Kata Kunci : Kata kunci: Course Review Horay (CRH,) Hasil belajar Matematika, media video

This study aims to determine (1) the effect of course Review Horay (CRH) learning model Assisted by Media Video on Mathematics and (2) knowing the differences in mathematics learning outcomes between student students who take part in learning with conventional learning models. This type of research included quasi-experimental research using post-test only control group design. The population of this study was all grade V students in cluster VI of Sukasada District, Buleleng Regency,academic year 2017/2018, consists of 138 students. The samples in this study were at SDN 4 PanjiAnom as the experimental class and MI Abul Abbas Tegaliggah as a control class each 20 students. Data collection is done by the test method. . The data obtained were analyzed using descriptive and varians analysis (ANAVA A) This study obtained the results that : (1) the effect of course Review Horay (CRH) learning model Assisted by Media Video on Mathematics by showing high effectiveness sig. 0.8 keyword : Keywords: Course Review Horay (CRH), Mathematics learning results, video media.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975

Article Metrics

Abstract view : 349 times
PDF file view : 340 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.