Penerapan Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan

Authors

  • Yudha Eko Prasetyo Utomo Pendidikan Guru Sekolah DasarUniversitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Ary Susatyo Nugroho Pendidikan Guru Sekolah DasarUniversitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Ikha Listyarini Pendidikan Guru Sekolah DasarUniversitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17470

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa dalam menulis serta mengetahui apakah ada peningkatan dalam penerapan model  Picture And Picture  terhadap kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SD Pangudi Luhur Vincentius Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan  jenis One Group Pre-Test  –  Post-Test  Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Pangudi Luhur Vincentius Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah  Non probability  Sampling dengan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan terlihat presentase ketuntasan belajar siswa menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan sederhana siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model  Picture And  Picture  dapat meningkat. Hasil  Pre-Test menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa 59,75, sebanyak 45% atau sejumlah sembilan siswa yang tuntas dan 55% atau sejumlah 11 siswa yang belum tuntas. Sedangkan hasil Post-Test menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa 71, sebanyak 85% atau sejumlah 17 siswa yang tuntas dan 15% atau sejumlah tiga siswa yang belum tuntas. Jadi, terdapat peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SD Pangudi Luhur Vincentius Semarang dengan menerapkan model pembelajaran Picture And Picture.

 

Kata kunci: kemampuan menulis, model picture and picture, motivasi.

Downloads

Published

2019-05-03

How to Cite

Prasetyo Utomo, Y. E., Nugroho, A. S., & Listyarini, I. (2019). Penerapan Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17470

Issue

Section

Articles