Penerapan Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa dalam menulis serta mengetahui apakah ada peningkatan dalam penerapan model Picture And Picture terhadap kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SD Pangudi Luhur Vincentius Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pre-Test – Post-Test Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Pangudi Luhur Vincentius Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah Non probability Sampling dengan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan terlihat presentase ketuntasan belajar siswa menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan sederhana siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model Picture And Picture dapat meningkat. Hasil Pre-Test menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa 59,75, sebanyak 45% atau sejumlah sembilan siswa yang tuntas dan 55% atau sejumlah 11 siswa yang belum tuntas. Sedangkan hasil Post-Test menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa 71, sebanyak 85% atau sejumlah 17 siswa yang tuntas dan 15% atau sejumlah tiga siswa yang belum tuntas. Jadi, terdapat peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SD Pangudi Luhur Vincentius Semarang dengan menerapkan model pembelajaran Picture And Picture.
Kata kunci: kemampuan menulis, model picture and picture, motivasi.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17470
Article Metrics
Abstract view : 303 timesPDF file view : 720 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.