Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi

Authors

  • N.M Indra Sukmawati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • N. Dantes Prodi Pendidikan Dasar Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I. K. Dibia Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19390

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis narasi menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh secara efektif implementasi model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V  SD, (2)perbedaan  antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Picture and Picture dan siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus VI Yudistira Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 219 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh siswa kelas V SD N 1 Kaliakah dengan jumlah 30 siswa dan SD N 2 Berangbang dengan 29 siswa. Data yang dikumpulkan adalah keterampilan menulis narasi. Data keterampilan menulis narasi siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, yaitu tes uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan Uji-t dan ANAVA-A. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran  Picture and Picture  dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dengan nilai thitung sebesar 13,17 dan ttabel =2,045. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran  Picture and Picrure lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Artinya penggunaan model pembelajaran  Picture and Picture berpengaruh terhadap peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD di Gugus VI Yudistira Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: Model pembelajaran picture and picture, keterampilan menulis narasi

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Sukmawati, N. I., Dantes, N., & Dibia, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19390

Issue

Section

Articles