Pengaruh Model Pembelajaran Pogil terhadap Keterampilan Proses Sains

Authors

  • I Made Kristianto Dionisius Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Kusmariyatni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19464

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POGIL dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 167 orang. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 1 Panji Anom yang berjumlah 29 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 3 Panji Anom yang berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes keterampilan proses sains, yaitu tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap yaitu, dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Rata-rata skor keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POGIL adalah 40,82. Sedangkan rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 21,36. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel (thitung = 15,14 > ttabel = 2,006). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, POGIL

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Dionisius, I. M. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pogil terhadap Keterampilan Proses Sains. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19464

Issue

Section

Articles