Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Komputasi

Authors

  • I Kadek Mei Dipayana 3Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Gading Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ngurah Japa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran Matematika realistik Indonesia dan minat komputasi terhadap hasil belajar, (3) pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia terhadap hasil belajar pada siswa yang memiliki minat komputasi tinggi, (4) pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia terhadap hasil belajar pada siswa yang memiliki minat komputasi rendah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan fatorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III di Gugus IV Kecamatan Sawan tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 3 dan siswa kelas III SD Negeri 4 Bungkulan. Data hasil belajar matematika  dikumpulkan dengan tes objektif dan Minat Komputasi dikumpulkan dengan kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji ANAVA dua jalur.Hasil pengujian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia terhadap hasil belajar siswa (F=71,038; p<0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan minat komputasi terhadap hasil belajar matematika (F=120.303; p<0,05), (3) terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realsistik Indonesia terhadap hasil belajar pada siswa yang memiliki minat komputasi tinggi (Thit=5,754 p<0,05), (4) terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realsistik Indonesia terhadap hasil belajar pada siswa yang memiliki minat komputasi rendah (Thit=6,161p<0,05). Jadi, pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia dan minat komputasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa di Gugus IV Kecamatan Sawan.

 

Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia, Minat Komputasi, Hasil Belajar

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Dipayana, I. K. M., Gading, I. K., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Komputasi. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19466

Issue

Section

Articles