Pengaruh Model Social Learning terhadap Hasil Belajar IPS

Authors

  • Tri Wahyuni Cendanawati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kd. Suranata Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Social Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V semester II Gugus XV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian post-test only control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SD di Gugus XV Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian adalah SD Negeri 1 Anturan sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 3 Kalibukbuk sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dengan instrumen tes hasil belajar IPS. Analisis data dilakukan dengan uji-t Bruning menggunakan bantuan Microsoft excel. Hasilnya adalah thitung 21,75 lebih besar dari ttabel 2,074, hasil efektivitas size (ES) kelompok eksperimen lebih besar yaitu 4,57 sedangkan efektivitas size (ES) kelompok kelompok kontrol yaitu 0,51. Dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa model Social Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V di Gugus XV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng.

Kata kunci: Social Learning, Hasil Belajar, IPS

Downloads

Published

2018-10-18

How to Cite

Cendanawati, T. W., & Suranata, K. (2018). Pengaruh Model Social Learning terhadap Hasil Belajar IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19469

Issue

Section

Articles