Keefektifan Model Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Julian Indah Puspitaningrum Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.20985

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana keefektifan model pembelajaran bermain peran (Role Playing) terhadap kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri Kaligawe Semarang. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas III SDN Negeri Kaligawe Semarang melalui model pembelajaran Role Playing. Sebelumnya siswa masih pasif dalam mengikuti proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dikarenakan dalam kegiatan belajar guru belum menggunakan model pembelajaran. Guru sering menggunakan metode ceramah dilanjut dengan mengerjakan soal yang ada pada buku tema sehingga siswa cepat bosan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III-A SD Negeri Kaligawe Semarang sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah 37 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Pre Experimental Design bentuk one pretest-posttest design. Design ini terdapat pretest, sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah adanya perlakuan.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berbicara,  Model Role Playing.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Puspitaningrum, J. I., Asri Untari, M. F., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.20985

Issue

Section

Articles