Minat Belajar dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Putu Tika Putri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25983

Keywords:

minat belajar, hubungan sosial, kompetensi pengetahuan

Abstract

Tingkat hasil belajar IPA siswa masih belum optimal hal ini dikarenakan siswa kurang memuaskan dalam minat belajar dan kurang aktif pada hubungan sosialnya. Jenis penelitian yang dilakukankan adalah penelitian ex post facto yang mengaplikasikan desain penelitian korelasional. Populasi pada penelitian yang dilakukan adalah menggunakan keseluruhan siswa di kelas V yang berjumlah 329 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 166 siswa yang diperoleh dari teknik proposional random sampling. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu terdapat kontribusi atau pengaruh signifikan minat belajar pada kompetensi atau juga kemampuan pengetahuan IPA siswanya dengan besaran korelasi 49,1% dan nilai koefisien determinasinya 24,1%. Memiliki kontribusi atau pengaruh signifikan hubungan sosial pada kompetensi atau kemampuan pengetahuan IPA siswanya dengan besaran korelasi 50,3% dan nilai koefisien determinasinya 25,3%. Memiliki kontribusi atau juga pengaruh signifikan minat belajar dan hubungan sosial pada kompetensi pengetahuan IPA siswanya dengan besaran korelasi 60,6% dan nilai koefisien determinasinya 36,8%. Berdasar pada hasil yang didapat maka disimpulkan terdapat kontribusi yang signifikan minat belajar dan hubungan sosial pada kompetensi ataupun kemampuan pengetahuan IPA pada siswanya. Minat belajar dan hubungan social yang kuat pada diri siswanya akan menimbulkan perasaan senang, gembira dan memiliki energi yang kuat dalam mengikuti pelajarannya.

Author Biographies

Ni Putu Tika Putri Handayani, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Komang Ngurah Wiyasa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 111–122.

Agung, I. G., Wulandari, A., Dantes, N., Tika, N., Dasar, P., Pasca, P., … Ganesha, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD (Studi Kasus Di Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara). 4(3), 1–10.

Ambarwati, D. (2016). Hubungan Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 926–934.

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047

Annajah, U., & Falah, N. (2017). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Berprestasi Anak Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-07

Ardaya, D. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I(I), 72–83.

Asta, I. K. R., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10.

Astraman, Dibia, & Mahadewi. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Bermediakan Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10907

Candra Lestari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331

Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan (8th ed.). jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faisal, M. I., Nyoto, H., & Gamaliel Septian, A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan hasil Belajar IPA dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 613–628.

Febbriana, I. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2), 149–156.

Febriyanti, R. (2014). Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due Professiona Care dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Kota Padang dan Pekanbaru). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Haryono, H. E. (2020). The Influence of Cooperative Learning Model Type Group Investigation Toward Results of Learning Science Materials of Students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 1. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1772

Hayati, N. (2015). Hubungan minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V Sd Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(13), 1–10.

Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 5(1), 44–56. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12792/pdf

Kurniasih, I., & Berlin, S. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(24). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.

Permana, I. P. ayu A., Dibia, D. I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Lesson Study Sd Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063

Puspitasari, R. P., Sutarno, & Dasna, I. W. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75–85.

Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf

Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.1093/brain/awt103

Putri, & Widodo. (2018). Hubungan antara minat belajar matematika, keaktifan belajar siswa, dan persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 4, 721–724.

Razali, M. T., & Siswanto, I. (2015). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Edukas, 1(2), 1576–1580.

Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3), 351–365. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1136

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. 6, 11–23. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Safitri, A., & Dkk. (2017). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII MTsN Kuta Baro. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah (Online), 2. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/geografi/article/view/5075

Setiawan, I. G. Y. (2015). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Vi Di Gugus Iv Kecamatan Petang. E-Journal PGSD, 3.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (13th ed.). Bandung: Alfabeta.

Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89

Upayanto, I. D. (2017). Pelaksanaan Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 SD Negeri 4 Krandegan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 40–52. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/6605/6371

Wahyuni, Margunayasa, & Wibawa. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771

Widiani, N. L. R., Suadnyana, D. I. N., & Manuaba, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sets Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 3.

Wulandari, & Dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (1st ed.). jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Handayani, N. P. T. P., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Minat Belajar dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 393–403. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25983

Issue

Section

Articles