Analisis Leksikal Dalam Teks Pendek Papan Sekolah

Authors

  • Fuji Karimatun Nisak
  • Moh. Aniq Khoirul Basyar
  • Prasena Arisyanto

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28703

Keywords:

teks pendek, papan sekolah, makna kata

Abstract

Kurangnya pemaknaan sebuah kata dapat menghasilkan perbedaan persepsi, salah satu kurangnya pemaknaan sebuah tulisan teks pendek papan sekolah sebagai upaya untuk menciptakan warga sekolah yang tertib, aman dan nyaman. Penelitian ini bertujuan menganalisis makna pada teks pendek papan sekolah dalam analisis semantik leksikal. Penelitian ini merupakan desktiptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah teks pendek papan sekolah dan subjek yang dilibatkan pada penelitian ini adalah 2 Kepala Sekolah, 2 guru, dan 24 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan 21 data teks pendek papan sekolah, ditemukan 14 jenis makna antara lain makna sempit 35 bentuk, makna luas 39 bentuk, makna kognitif 62 bentuk, makna konotatif 4 bentuk, makna emotif 53 bentuk, makna referensial 49 bentuk, makna kontruksi 3 bentuk, makna leksikal 71 bentuk, makna gramatikal 11 bentuk, makna proposisi 5 bentuk, makna pusat 28 bentuk, makna piktorial 1 bentuk, makna idiomatik 3 bentuk dan makna ideasional. Simpulan penelitian ini adalah terdapat 14 jenis makna, dengan 21 data kata mutiara pada teks pendek papan sekolah.

 

References

A.D., F., Hastuti, H. B. P., Sukmawati, & Rahmawati. (2019). Analisis Hubungan Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen Siswa SMP di Kota Kendari. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(1), 123–142. https://doi.org/10.26499/rnh.v8i1.636

Amran, Jasin, I., Perkasa, M., Satriawan, M., & Irwansyah, M. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Untuk Generasi Indonesia Abad 21. Lentera Pendidikan, 22(2), 233–242. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i5

Ardina, F. R., & Sa’dijah, C. (2016). Analisis Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 171–180. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6119

Beta, P., Artikel, H., & Peran, M. B. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. CJPE : Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118

Dewi, C. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Percakapan Telepon Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle. Journal of Chemical Information and Modeling, 35(2), 1–12. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Dharmawan, D. W., Suarjana, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3113

Dwinuryati, Y., & Winarni, R. (2018). Analisis Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Teks Eksposisi Siswa Kelas 10 Sekolah Menengah Atas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p61-69

Haryawan, A. D. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Kelas VIII SMP [Development of Problem-Based Learning Models with Character Education Values in Short Story Writing fo. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 102–109. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/6622

Idris, N. S. (2015). Verba Berendonim Indra Penglihatan Dalam Bahasa Indonesia : Kajian Linguistik Kognitif Dan Semantik Leksikal. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 11. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v15i1.795

Lailiyah, N., & Wulansari, W. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 166–173. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p166-173

Marini, L., & Rahma, K. (2015). Perbedaan Kompetensi Komunikasi Antara Remaja Yang Menggunakan Dua Bahasa (Bilingual) Dan Satu Bahasa (Monolingual). Analitika, 7(2), 58–66. https://doi.org/10.31289/analitika.v7i2.817

Natsir, M. (2018). Pendidikan Spiritual Melalui Pembelajaran Al- Mahfuzat ( Kata – Kata Mutiara Arab ). Jurnal Tarbawi Vol., 15(2), 55–72. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.848

Nugraha, O. A., Ngalim, A., & Nasucha, Y. (2015). Penggunaan Konjungsi dalam Bahasa Tulis dan Lisan Oleh Siswa Kelas Lima Baki Pandeyan 01 Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 43–50. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/humaniora.v16i2.1843

Nupus, M. H., & Parmiti, D. P. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 198–203. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12289

Nuryanto, S., Abidin, A. Z., Setijowati, U., & Sb, N. S. (2018). Peningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pgsd Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Penerapan Metode Task Based Activity Dengan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 35(1), 83–94. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.15095

Parwati, S. A. P. E. (2018). Verba “Memasak” Dalam Bahasa Bali: Kajian Metabahasa Semantik Alami (Msa). Aksara, 30(1), 121–132. https://doi.org/10.29255/aksara.v30i1.73.121-132

Ramadan, S., & Mulyat, Y. (2020). Makna Kata Dalam Bahasa Indonesia (Salah Kaprah Dan Upaya Perbaikannya). Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(1), 90–105. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/rnh.v9i1.1036

Ramadhanti, D. (2015). Strategi Penggunaan Kosakata Dan Tata Bahasa Dalam Berita Harian Umum Independen Singgalang. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 89–99. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i1.1160

Rijal, S. (2015). Hubungan Makna Akronim dan Kata Pembentuknya pada Acara Indonesia Lawak Klub di Trans 7. Aksara, 27(1), 73–82. http://aksara.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/aksara/article/view/1/1

Sudana, I. W. (2014). Penggunaan Bahasa Indonesia Oleh Penutur Asing Di Daerah Tujuan Wisata Di Bali. Aksara, 26(2), 109–120. https://doi.org/https://doi.org/10.29255/aksara.v26i2.153.109-119

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhartatik. (2019). Makna Leksikal Bahasa Madura Keadaan Alam Nelayan Di Pesisir Kepulauan Sumenep. AKSIS Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 107–126. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Susanto, H. (2016). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(1), 12–16. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i1.70

Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p116

Tisnasari, S. (2017). Analisis Kesalahan Bahasa Pada Bangun Dan Perpaduan Leksem Bahasa Indonesia. Jurnal Handayani (JH), 7(1), 28–37. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jh.v7i1.6572

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–343. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480

Wardani, Y. (2018). Pemakaian Pribahasa dan Kata Mutiara dalam Retorika Dakwah Para Da ’ i di Indonesia : Kajian Stalistika dalam Sastra Arab-Indonesia. Buletin Al-Turas: Mimbar Sejarah,Sastra,Budaya, Dan Agama, 25(2), 325–346. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/bat.v24i2.8667

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134

Yerizon, Y., Putri, Y. U., Musdi, E., & Permana, D. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205–212. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305

Zulfahita, Z., Yanti, L., & Purnamawati, E. (2019). Analisis Komponen Makna Verba “Menyakiti” dalam Bahasa Melayu Dialek Sambas (Kajian Semantik). JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 4(2), 104–109. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v4i2.1087

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Nisak, F. K., Khoirul Basyar, M. A., & Arisyanto, P. (2020). Analisis Leksikal Dalam Teks Pendek Papan Sekolah. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 385–392. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28703

Issue

Section

Articles